Organisasi penyayang binatang PETA beli saham Hermes

0
148

Organisasi penyayang binatang PETA tiba-tiba saja membeli saham Hermes. Tapi tampaknya saham produsen barang mewah asal Perancis itu dibeli untuk tujuan selain keuntungan.

Seperti dilansir Luxury Daily, The People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) membeli sebagian kecil saham Hermes. Namun, sepertinya tujuan PETA membeli saham tersebut bukan untuk mencari keuntungan, namun agar dapat lebih efektif mengawasi proses penggunaan kulit binatang yang digunakan untuk membuat barang mewah seperti tas.

Sebelumnya PETA mengungkap bahwa Hermes menggunakan kulit buaya yang didapat dari penangkaran di Zimbabwe. Di sana buaya-buaya tersebut diperlakukan dengan keji sebelum dibunuh untuk diambil kulitnya. Namun, Hermes menyangkal telah mengambil kulit buaya dari penangkaran yang dimaksud.

Meski nilai saham yang dibeli PETA di bursa saham Paris bisa dibilang sangat kecil, hanya USD 360 atau sekitar Rp. 4 juta, organisasi tersebut memiliki hak untuk menghadiri rapat para pemegang saham dan mengajukan pertanyaan di forum tahunan itu.

Beberapa waktu lalu, PETA merilis rekaman video yang menunjukkan kekejian di penangkaran buaya yang menyuplai kulit ke perusahaan Hermes International SA. Dalam video tersebut, tampak puluhan hingga ratusan buaya berdesakan di kolam dari semen. Setelah berusia setahun, buaya-buaya tersebut ditembak mati, lantas dikuliti. Tidak jarang pula mereka dikuliti dalam kondisi masih hidup.

Hermes memang banyak memproduksi tas dan barang mewah lainnya menggunakan kulit buaya. Salah satu yang sangat populer adalah Birkin Bag yang diambil dari nama aktris asal Inggris, Jane Birkin.

[Teks: @moehakam | Foto: Independent.co.uk]

Sumber:

Brava

SHARE