Masuk dalam Top 10 Destinasi Wisata, berikut 5 tempat seni dan budaya yang wajib kunjung di Macau

0
236
Macao Cultural Centre

Lonely Planet sebagai penerbit buku pandu wisata terbesar dunia, menobatkan Macau sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata terbaik dunia untuk tahun 2015.

Macau tidak lagi sebagai pelabuhan perdagangan antara Eropa dan Asia, kini Macau telah menjelma menjadi suatu wilayah yang penuh daya tarik dengan perpaduan unsur Portugis dan China. Bangsa Portugis mulai menetap di Macau sejak tahun 1557, dan mulai memegang pemerintahan penuh pada 1 Desember 1887. Kemudian kendali penuh pemerintahan kembali ke China pada 20 Desember 1999.

Karena itu negara yang memiliki luas 30.3 kilometer persegi ini, memiliki tempat-tempat bersejarah dan seni yang melimpah.

Di bawah ini adalah 5 tempat rekomendasi kami untuk wisata seni dan budaya di Macau ini.

1. Historic Archives

Historic Archivers menyimpan berkas-berkas, surat, buku dan naskah-naskah yang berkaitan dengan eksplorasi Portugal, serta hubungan Macau dengan Eropa, China, Jepang dan negara Asia Tenggara lainnya.

Berkas-berkas paling berharga sudah dimasukkan dalam mikrofilm, ada sekitar 7.500 buah, yang dikumpulkan sejak tahun 1587-1786. Jika mampir ke sini G-Readers bakal dibuat takjub. Pasalnya, rumah arsip ini memiliki desain bergaya kolonial.

2. Macao Cultural Centre

Tempat ini menjadi platform yang membawa pertunjukan internasional dari seluruh dunia ke Macau. Macao Cultural Centre berusaha menawarkan program berkualitas bagi penonton lokal dan asing, demi meningkatkan pemahaman akan pentas seni. Sudah banyak seniman yang tampil di sini, seperti pekerja seni Broadway, Peter Pan, The Addams Family dan Fame.

3. Macao Museum of Art

Macao Museum of Art merupakan bangunan berlantai lima, yang memiliki luas 4.000 meter persegi. Museum ini sepenuhnya didedikasikan untuk seni di Macau.

Selain ruang pameran, museum ini memiliki fasilitas lainnya, seperti auditorium, perpustakaan multimedia, dan masih banyak lainnya. Terpenting dari fasilitas, yang membuat museum ini terasa beda adalah, seringnya mengundang ahli seni dari dalam dan luar negeri, untuk membahas dan menjelajahi secara luas dan dalam tentang seni.

4. Broadway Macau

Sebuah konsep baru dalam menikmati aneka menu lezat hadir di Macau. Broadway Macau adalah sebuah kisah perayaan akan keaslian Asia dan Macau yang ditunjukkan lewat suara, rasa, dan atraksi. Atau dengan kata lain, street market yang disandingkan dengan entertainment dan keceriaan.

Pasar ini menampilkan lebih dari 40 jajanan lokal hingga restoran berbintang Michelin. Pertunjukkan jalanan bisa disaksikan setiap hari, namun untuk pertunjukkan terbaik Asia dan internasional ada di waktu tertentu di Broadway Theatre yang memiliki kapasitas 3000 tempat duduk.

Mencapai lokasinya, hanya butuh berjalan sekitar 90 detik lewat jembatan jalur pejalan kaki dari Galaxy Macau. Dan tujuan wisata baru ini dibangun dengan biaya sebesar 5 miliar dolar Hong Kong atau setara dengan 8,6 triliun rupiah.

5. Maritime Museum

Sejarah Macau berkaitan erat dengan kelautan. Nah, pembangunan Maritime Museum ini selain untuk dokumentasi sejarah, juga ditujukan untuk Dewi Taoist ‘A-MA’ yang merupakan Dewi Pelindung para nelayan, dan juga dipercaya di lokasi ini yakni di Square of the Barra Pagoda, merupakan tempat pertama bangsa Portugis mendarat.

Bentuk bangunan ini sendiri menyerupai kapal layar yang sedang berlabuh. Di sini G-Readers bisa temui galeri aquarium yang menyajikan ragam satwa air, replika kapal karam di dasar laut, perahu naga, dan benda serta biota lainnya.

Pastikan untuk menambahkan kelima destinasi tersebut dalam bucket list traveling G-Readers. Happy traveling!  « [teks @bartno | foto dok. MGTO]

SHARE