Yuk ajarkan anak kesopanan sejak dini

0
109

Miris memang melihat anak-anak seringkali melupakan kata “tolong” dan “terima kasih” pada orang yang membantunya atau bahkan kepada Orang Tuanya. Jangan sampai hal ini terjadi pada buah hati Anda, Cosmoners. Yuk, simak tips mengajarkan anak sopan santun sejak dini.

1. Tentukan Standar Sopan Anda

Banyak orangtua yang membebaskan anaknya berbicara bahasa slank dengan mereka, namun ada pula yang masih mengedepankan batasan antara keduanya. Tentukan aturan Anda, dan ajarkan sedini mungkin.

2. Empat Tahun adalah Umur Pas untuk Anak Belajar Kesopanan

Di umur tersebut, otak si kecil mampu mengerti perintah dan konsep tertentu. Ini yang memudahkan Anda untuk mengajarkan dan memantapkan konsep kesopanan pada anak. Ingatkan mereka mengucap kalimat sesederhana “tolong” dan “terima kasih”.

3. Buat Permainan yang Menyenangkan dan Contohkan

Misalnya, setiap permainan dimulai harus selalu diawali dengan kata “tolong”. Setelah permainan selesai, mereka harus mengucapkan “terima kasih” atau mereka tidak akan mendapat nilai. Buat senyaman dan seseru mungkin, hingga mereka akan terbiasa mengucapkannya sehari-hari.

Apapun cara Anda, jangan lupa, ya untuk memberikan pujian setiap mereka melakukan tindakan atau perkataan yang sopan. Selamat mencoba, Cosmoners! [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto kindercare.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE