Pameran foto ‘Alkisah’ hidupkan kembali cerita rakyat Indonesia

0
441

Galeri Indonesia Kaya [GIK] dan Grand Indonesia bekerja sama dengan seorang fotografer yang dikenal dengan Rio Motret mempersembahkan sebuah kolaborasi di dunia seni dan fashion yang mengangkat kembali dongeng dan legenda Indonesia, dikemas dalam sebuah pameran foto bertajuk “Alkisah”.

Berawal dari kesadaran Rio akan kekayaan cerita rakyat Indonesia yang tak kalah menarik dari dongeng luar negeri, serta untuk bersama-sama membangkitkan semangat bangga akan keragaman budaya bangsa, Rio Wibowo atau Rio Motret berhasil menyelenggarakan pameran foto yang mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia, dengan melibatkan seratus pekerja seni mulai dari kalangan selebritis, desainer, hingga stylist.

Proyek pameran foto yang didukung oleh Grand Indonesia ini juga dijadikan sebagai momen penyambutan hari kemerdekaan Indonesia, dan juga bentuk apresiasi terhadap Rio yang telah berkarya selama 10 tahun di tanah air.

“Pameran foto ini merupakan salah satu pencapaian karier saya sebagai fotografer. Merupakan
kebanggan bagi saya dapat mengajak teman-teman selebritis, stylist, desainer, dan juga kontributor
lainnya dalam rangka mengenalkan cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia dengan media foto
yang dipadukan dengan elemen adibusana yang kuat. Pameran ini sengaja saya adakan bertepatan
dengan bulan kemerdekaan Indonesia, dengan harapan masyarakat dapat terpicu untuk mengenal
budaya Indonesia dan melestarikannya. Meskipun di era sekarang sudah penuh dengan modernisasi,
bukan berarti warisan bangsa kita jadi terlupakan,” ungkap Rio Motret, konseptor pameran foto Alkisah dalam acara pembukaan pameran ini, Senin [10/08] di GIK.

Pameran foto yang juga didukung oleh MRA Group sebagai media partner-nya ini merupakan bentuk kolaborasi yang luar biasa dalam memajukan dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia, diramaikan oleh lebih dari 60 selebritis yang berpartisipasi sebagai modelnya, 15 desainer, serta puluhan stylist ternama Indonesia, berhasil menyajikan cerita-cerita rakyat dengan konsep yang lebih segar dan modern.

Selain itu, Galeri Indonesia Kaya juga menyajikan beberapa dongeng bagian dari cerita rakyat yang terdapat di dalam pameran foto Alkisah, diadakan setiap Sabtu dan Minggu, di auditorium Galeri Indonesia Kaya yang tentunya juga gratis dan terbuka bagi siapapun.

Jadi, bagi yang ingin menambah pengetahuan akan budaya Indonesia, silakan datang dan nikmati karya seni fotografi “Alkisah”, 10 – 23 Agustus 2015 di Atrium East Mall Grand Indonesia. « [teks & foto @uliafr]

SHARE