Enam strategi mengatasi kemarahan anak

0
348

Seringkali kita menemukan anak marah tanpa sebab, sungguh hal yang wajar karena anak kecil belum bisa secara gamblang mengutarakan maksud atau keinginannya. Saat mereka tak bisa mengungkapkan, terkadang membuat mereka jadi kesal dan akhirnya marah. Gimana ya cara menenangkan kemarahan mereka?

1. Tenangkan Dengan Berhitung
Sulit memang mencegah anak untuk teriak atau menangis kencang saat mereka marah. Namun dengan mengajarkan untuk berhitung saat mulai emosi, bisa membantu menenangkan mereka.

2. Beri Mereka Pelukan
Tahukah Anda, dibalik kemarahan anak seringkali justru tersimpan kesedihan. Jadi, tak apa untuk tawarkan mereka sebuah pelukan ketika mereka marah. Rasa damai dalam pelukan terbukti bisa meredam kemarahan lho Cosmoners.

3. Aktivitas Tanpa Suara
Ajak mereka melakukan aktifitas untuk mengalihkan amarahnya. Namun, yang tanpa suara. Seperti membaca buku atau bermain puzzle. Memang, cara ini tak selalu berhasil namun tak ada salahnya dicoba kan?

4. Nyanyi Yuk
Saat kemarahan anak mulai memuncak, coba ajak mereka untuk bersenandung atau bernyanyi. Berikan mereka pilihan lagu yang ceria hingga anak bisa dengan mudah meredam amarahnya.

5. Berikan Benda
Kalau kemarahan sudah tak bisa ditahan, tak apa memberikan mereka benda untuk pelampiasan. Tapi jangan yang berbahaya ya. Coba berikan bantal kecil atau bola untuk diremas.

6. Sini, Bicara Sama Ibu
Ajarkan anak untuk bisa mengatakan apa yang dirasakan dan bantu mereka mengutarakan. Tanyakan pada mereka, apa yang membuat mereka marah dan dengarkan keluhannya. [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto pfhil.mitb.net]

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE