Melbourne, kota paling layak huni di dunia!

0
135

Menjadi bagian kecil di sebuah negara tak membuat kota ini menjadi tersudut. Nyatanya, Melbourne, Australia baru saja mendapatkan gelar sebagai kota paling layak huni di dunia untuk kelima kalinya. Menurut survey tahunan Global Livability Index yang diselenggarakan oleh Economist Intelligence Unit di 140 kota di dunia, Melbourne memiliki kondisi yang layak sebagai tempat tinggal berdasarkan kategori, stabilitas, kesehatan, budaya, lingkungan, pendidikan dan infrastruktur.

Melbourne memang menyimpan banyak keunggulan. Dari sudut seni, Ia memiliki galeri kesenian terpadat di dunia. Tak hanya itu, Melbourne juga ditunjuk sebagai kota literatur oleh UNESCO dan menjadi pusat industri penerbitan Australia. Lebih dari 3000 acara musik live ditampilkan tiap minggunya.

Dalam bidang olahraga, Melbourne merupakan satu-satunya kota di dunia yang memiliki lima fasilitas olahraga berstandar internasional baik dalam maupun luar ruang. Ini mengapa Ia seringkali menjadi tuan rumah berbagai turnamen nasional dan internasional.

Tahun 2015 merupakan hari jadi Festival Melbourne yang ke-30, dimana 11 Direktur Artistik mengorkestrakan salah satu panggung berkelas internasional terbaik di dunia. Di tahun 2014, 1000 seniman dari 23 negara berbeda ikut serta dalam 15 pertunjukan perdana dunia, dan 21 pertunjukan perdana Australia di lebih dari 30 lokasi. Melbourne menjadi kota festival dengan bermacam pertunjukkan mulai dari musik hingga komedi dengan ratusan pengisi acara dan ribuan pengunjung.

Segi kuliner pun tak kalah menarik. Melbourne Food & Wine Festival memiliki lebih dari 200 kegiatan yang berlangsung selama dua minggu, termasuk acara makan siang terpanjang di dunia (dimana satu meja makan bisa menapung 1,600 orang). Wow! [teks Mindy Paramita/foto telegraph.co.uk]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE