Rempah, superfood penguat tubuh

0
111

Rempah-rempah tak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, tapi juga mampu memberikan kekuatan untuk tubuh Anda, Brava Listeners.

Di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah umumnya memanfaatkan tanaman tersebut sebagai bumbu masak. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki masakan khas yang di dalamnya mengandung rempah. Namun, fungsinya yang ternyata dapat dikategorikan sebagai superfood, mungkin belum banyak yang memahami.

Berbagai penelitian medis di luar negeri menemukan bahwa rempah-rempah ternyata mampu memperkuat tubuh dari ancaman penyakit-penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit jantung.

“Penelitian menunjukkan berbagai jenis herbal dan rempah-rempah menawarkan manfaat kesehatan yang banyak,” ujar Direktur Pusat Nutrisi Manusia di UCLA Profesor David Heber, MD, PhD seperti dilansir dari WebMD.com.

Berikut ini beberapa jenis rempah yang banyak ditemui di Indonesia beserta manfaatnya:

1. Kunyit.
Kunyit mengandung antioksidan yang kuat, anti inflamasi, dan zat anti kanker. Taburkan sedikit kunyit bubuk ke dalam telur dadar Anda saat sarapan.

2. Serbuk cabai.
Kandungan vitamin A di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan kandungan capsaicin-nya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar lebih banyak kalori.

3. Ketumbar.
Ketumbar memiliki banyak komponen aktif, antara lain sabinene, myrcene, linalool, dekanal, dan masih banyak lagi. Komponen-komponen tersebut menyebabkan ketumbar memiliki berbagai khasiat, seperti meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung, campak, masuk angin, dan tekanan darah tinggi.

4. Paprika bubuk.
Mengandung banyak vitamin C, yang membantu penyerapan zat besi dan menyembuhkan luka. Paprika mengandung sejumlah besar capsaicin.

5. Lada hitam.
Tinggi akan mangan, nutrisi yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin K-nya, bersama-sama dengan mangan, dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Jika Anda gemar masakan yang banyak mengandung rempah, maka Anda cukup beruntung karena sering mendapat asupan superfood tersebut untuk menjaga kekuatan tubuh.

[Sumber: Fitness for Men | Foto: wordlypost.in]

Sumber:

Brava

SHARE