Alphard Hybird, lebih ‘hijau’ di kelas premium

0
86

Model hybird telah diperkenalkan Toyota sejak tahun 1997. Sejak itu dan seiring dengan semakin tingginya rasa peduli manusia dengan lingkungan, dengan penghematan energi, mobil berbasis hybird pun semakin digemari.

Untuk semakin memberikan kenyamanan dan efesiensi dalam berkendara Toyota kembali meluncurkan versi hybird barunya untuk varian Alphard, yakni, Toyota New Alphard 2.5 G Hybird 4×4.

“Kehadiran New Alphard Hybird ini adalah wujud komitmen Toyota untuk masa depan yang lebih baik, dengan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, sesuai permintaan pelanggan, khususnya di kelas premium,” kata Rahmat Samulo Direktur Marketing Toyota Astra Motor [TAM].

Teknologi hybird menggabungkan motor listrik dengan mesin bensin untuk membuat satu kendaraan paling efisien di dunia. Sama seperti 2.5G, varian hybird ini juga menggunakan mesin 2AR-FXE, namun ia mendapat tambahan dua motor listrik yang ditempatkan di bagian depan dan belakang kendaraan.

Secara otomatis sistem hybird mobil ini akan mengalihkan tenaga penggerak dari mesin ke motor listrik sejalan dengan kecepatan kendaraan. Motor listrik akan mengambil alih tenaga penggerak ketika mobil berjalan lambat, dan kemudian sistem akan mengalihkan ke mesin berbahan bakar minyak saat membutuhkan tenaga yang lebih besar atau kecepatan tinggi.

Dengan hadirnya Alphard Hybird ini berarti ada tiga varian tipe Alphard, dua lainnya adalah, generasi ketiga Alphard dan generasi kedua Vellfire. Harga untuk menebus hybird ini adalah IDR 1,3 miliar. « [teks @bartno | foto dok. TAM]

SHARE