Kids anxiety, apa dan bagaimana menghadapinya

0
106

Merasa cemas adalah hal yang wajar terjadi pada tiap orang. Tetapi bagi anak, cemas adalah sebuah perasaan yang bisa jadi menakutkan dan tidak nyaman.

Menurut Denise Daniels (seorang pakar anak dan salah satu pendiri National Childhood Grief Insitute di Amerika), anak perlu tahu bahwa merasa cemas itu hal yang wajar. Apa saja sih yang Anda perlu tahu tentang kecemasan pada anak (kids anxiety) dan bagaimana ya cara membantu anak menghadapinya?

Tenang, cemas itu normal
Ajarkan pada anak, bahwa merasa cemas itu hal yang wajar dan semua orang pasti mengalaminya.

Jadikan sebuah pelajaran
Saat anak merasa cemas, tanyakan penyebabnya. Pelajari apa yang dia rasakan, dan bantu anak berbicara agar jika kecemasan berulang Ia tahu bagaimana mengatasinya.

Sadari tandanya
Pelajari gerak-gerik anak. Saat buah hati tiba-tiba menolak melakukan sesuatu hal (yang sebelumnya tak ada masalah) Anda perlu bertanya. Atau, jika si kecil mendadak tantrum dan kelewat manja, ini juga pertanda Ia merasa cemas.

Apapun itu, terima alasannya
Anak kecil tentu berbeda dengan orang dewasa. Ia belum pintar menyusun kata dalam menyampaikan emosi atau perasaannya. Sekecil apapun alasan mereka, jangan remehkan, selalu dengarkan. Ini bisa membantu meredam kecemasan anak.

Jangan ikut panik
Saat anak merasa cemas, Anda terkadang larut dan menjadi panik. Kuncinya adalah tenang. Saat Anda tenang, anak akan perlahan meluruhkan kecemasan dan saat anak nyaman, baru mulai ajak bicara. [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto allisonjedwards.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE