MINI JCW, si kecil bertenaga besar

0
127

Sejak pertama kali dikenalkan pada 1950-an Mini Cooper identik sebagai mobil dengan postur dan tenaga yang sama-sama kecil. Tapi, ‘si mungil’ mulai mendobrak tradisi dengan tenaga besar yang tersimpan di balik kap mesin MINI John Cooper Works (JCW).

Hingga BMW Group mengambil alih produksi Mini pada tahun 2000, pabrikan otomotif asal Jerman itu masih mempertahankan karakteristik mobil tersebut namun dengan versi yang jauh lebih mewah. Namun, tampaknya BMW tergoda juga untuk memproduksi MINI dengan tenaga besar layaknya mobil-mobil sport yang banyak dibuatnya. Maka, lahirlah MINI JCW hasil kerjasama dengan perusahaan tuning John Cooper Works.

Di hari pertama GIIAS (20/8), BMW Group meluncurkan MINI JCW di Indonesia. Kenggulan MINI JCW terbaru ini adalah berkat hadirnya mesin paling bertenaga yang pernah dipasang di model kendaraan MINI yang pernah diproduksi. Selain itu, teknologi suspensi yang disempurnakan dengan keahlian balap, serta fitur desain khusus yang ada di model ini, tidak hanya mengoptimalkan fitur-fitur aerodinamis tetapi juga menegaskan karakter balapnya.

“Selama 55 tahun, MINI telah membawa semangat motor racing di dalam gennya dan hal ini diekspresikan lebih intens lagi dari sebelumnya oleh generasi terbaru yang menawarkan pengalaman berkendara yang tak kalah serunya,” kata Karen Lim, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Produsen kendaraan premium yang kaya akan tradisi ini kini meluncurkan edisi terbaru yang dijuluki atlet papan atas di segmenkendaraan kompak, yaitu MINI John Cooper Works terbaru, MINI paling bertenaga yang pernah ada.

“Dengan memperkenalkan kendaraansport sehari-hari ini di Indonesia, tujuan kami adalah untuk membuat para penggemar MINI kagum akan kombinasi antara kekuatan dan sensasi go-kart yang ekstrim, dibalut dalam desain otentik dan emosional yang ada di MINI John Cooper Works terbaru,” ujar Karen Lim.

Daya yang diperlukan untuk mobil papan atas yang seru ini dihasilkan oleh mesin 4-silinder 2,0 liter dengan TwinPower Turbo Technology, dan dikombinasikan transmisisport Steptronic 6-speed. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 231 hp dan torsi maksimum 320 Nm mulai 1.250 – 4.800 rpm, sehingga akselerasi 0 – 100 kpj dapat ditempuh dalam 6,1 detik.

MINI JCW ditawarkan dengan harga Rp 829 juta (off-the-road) di Maxindo, dealer MINI resmi di Indonesia, mulai Agustus 2015. Semua pembelian kendaraan MINI melalui Maxindo dilengkapi dengan MINI Service Inclusive, yang memberikan perawatan MINI rutin tanpa biaya selama lima tahun atau sampai dengan 70.000 km, tergantung mana yang lebih dulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. [Autocar Indonesia | Foto: TFL car]

Sumber:

Brava

SHARE