Memilih sekolah yang tepat untuk anak

0
303

Mendapat pendidikan yang terbaik adalah dambaan tiap orangtua untuk anaknya. Seiring perkembangan jaman, sekolah pun kian berevolusi dan menawarkan beragam pilihan pendidikan lewat sarana dan prasarana. Nah, pertimbangan apa saja sih yang harus Cosmoners ambil dalam menentukan sekolah yang terbaik untuk anak? Berikut tipsnya.

Reputasi Sekolah
Reputasi sekolah sangat penting dalam menentukan sekolah anak. Cari tau informasi lengkap mengenai kurikulum, staf pengajar serta situasi sekolah. Penting juga mengetahui cara interaksi antar pihak sekolah dengan orangtua atau wali murid.

Kurikulum yang ditawarkan
Perkembangan jaman membuat sekolah terus meningkatkan mutu dengan kualitas kurikulum. Ada yang sesuai diknas, ada pula yang mengikuti kurikulum bertaraf internasional. Kurikulum ini biasanya sudah dimulai sejak dini. Oleh karenanya, orangtua diharapkan sudah menetapkan kurikulum seperti apa yang ingin diterapkan pada anak, agar tidak kewalahan di tengah jalan.

Biaya Pendidikan
Selalu ada harga dan kualitas. Namun, jangan terpatok pada sekolah dengan biaya murah atau mahal. Seimbang antar biaya dan sarana prasarana yang diberikan, itu kuncinya. Tidak semua sekolah mahal berkualitas baik maupun sebaliknya, lho. Cerdas dan cermat dalam memperhitungkan biaya sekolah dengan apa yang ditawarkan, ya Cosmoners.

Fasilitas sekolah
Cek dan ricek fasilitas yang diberikan sekolah. Baik fasilitas belajar, ekstra kurikuler sampai dengan antar jemput. Untuk Anda yang ingin menggunakan fasilitas antar jemput, ada baiknya juga ditanyakan pendamping di dalam mobil saat anak berangkat dan pulang dari sekolah.

Jarak antar tempat tinggal dan sekolah
Nah, ini nggak kalah penting Cosmoners. Jarak sekolah yang terlalu jauh akan membuat anak lelah, belum lagi kalau macet. Cari sekolah yang lokasinya tak terlalu jauh dari rumah. Selain lebih hemat, anak tidak akan terbuang waktu di jalan. Ada baiknya juga, lokasi sekolah dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan umum dan dekat fasilitas umum lainnya. [teks Mindy Paramita/tipsanakbayi.com | foto dfwhailrepair.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE