Waspadai 5 gejala penyakit di musim panas

0
362

Penyakit memang tidak kenal musim, walaupun biasanya datang di kala penghujan, namun bukan berarti saat musim panas datang Anda bisa melenggang tanpa waspada. Ini lima tanda penyakit yang perlu Anda waspadai.

Sakit perut
Salah makan atau telat mengkonsumsi makanan bisa menyebabkan sakit perut hingga asam lambung. Jika ini terjadi, sebaiknya hindari makanan berlemak, kafein dan minuman beralkohol. Laktosa juga bisa memicu sakit perut, kurangi asupan yang mengandung susu agar perut lebih nyaman.

Kemasukan pasir di mata
Kemasukan pasir saat di pantai, memang hal yang biasa. Bilas dengan air atau gunakan tetes mata bisa melegakan. Namun, jika sakit berlanjut lebih dari tiga atau empat jam harus waspada infeksi kornea. Apalagi jika Anda pengguna lensa kontak. Apabila sakitnya diikuti dengan merah radang, penglihatan buram ada baiknya segera diperiksakan ke dokter mata terdekat.

Bintik pada kulit
Bintik hitam pada kulit bisa muncul jika Anda sering terpapar matahari, dan biasanya tidak berbahaya. Namun jika Anda terus-terusan mendapat bintik hitam, ada baiknya diperiksakan. Sebab, kanker kulit bisa berawal dari bintik hitam. Cek apabila bintik hitam membesar, berubah warna, dan bentuk yang asimetris.

Hyperpigmentation
Hiper pigmentasi bisa terjadi pada kulit, diawali dengan jerawat. Jika Cosmoners menemukan benjolan tebal yang berwarna coklat keabuan, periksakan segera. Terutama jika terletak di daerah leher, ketiak, atau pada lipatan, bisa menjadi awal gejala penyakit diabetes.

Flu perut
Jika Anda banyak meluangkan waktu di kolam renang publik, lalu merasa sakit perut seperti flu sebaiknya cek ke dokter. Air kolam bisa membawa kuman yang menyebabkan infeksi usus seperti norovirus. Buat segera janji dokter apalagi jika Cosmoners merasa pusing, demam, muntah dan diare. [teks Mindy Paramita/bustle.com | foto livescience.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE