Menaklukkan Insomnia

0
383

Insomnia merupakan keluhan yang cukup banyak dialami masyarakat perkotaan. Jika tidak ditaklukkan, gangguan tidur ini dapat mengganggu aktivitas penderitanya.

Karena tidak mendapat porsi tidur yang cukup di malam hari, penderita insomnia akan mengalami banyak masalah fisik ketika beraktivitas di siang hari. Masalah tersebut antara lain sering merasa haus, gemetar, ketidakmampuan untuk fokus dan detak jantung yang sangat cepat.

Ironisnya, saat ini siapa saja bisa mengalami insomnia, terutama masyarakat yang tinggal di kota Metropolitan seperti Jakarta. Sebab, gangguan tidur ini bukan hanya disebabkan oleh penyakit tertentu tapi juga bisa muncul akibat gaya hidup yang dijalani penderitanya. Misalnya, kebiasaan mengonsumsi banyak minuman berkafein, sering terjaga hingga larut malam dan tingkat stres yang tinggi.

Tapi jangan khawatir, Brava Listeners, jika Anda adalah salah satu orang yang sering mengalami gangguan tidur, ada tak-tik jitu namun sederhana untuk menaklukkan insomnia. Terutama, jika insomnia yang dialami adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat. Berikut ini trik mengatasi insomnia seperti dilansir Huffington Post:

1. Minum kopi hanya di pagi hari dan hindari minuman berkafein lain sepanjang siang hingga malam hari. Sebab, kafein dapat bertahan di dalam sistem tubuh hingga 14 jam.

2. Tinggalkan aktivitas yang berkaitan dengan teknologi seperti membaca email atau aplikasi sosial media lainnya di laptop maupun komputer tablet, 15 menit sebelum tidur.

3. Minum banyak air putih di siang hari dan kurangi jumlah konsumsinya setelah makan malam agar tidak sering terjaga di malam hari untuk buang air kecil

4. Batasi konsumsi minuman beralkohol karena meski alkohol dapat membuat peminumnya mudah tidur tapi justru mencegahnya tertidur pulas.

5. Kenakan penyumbat telinga dan penutup mata untuk mencegah adanya pengalihan dari suara atau cahaya-cahaya yang dapat mengganggu tidur.

6. Lakukan olahraga setiap hari agar tubuh merasa lelah di malam hari.

7. Jangan melakukan kegiatan lain seperti bekerja atau hanya sekadar browsing internet di kasur. Jadikan tempat tidur hanya untuk kegiatan yang berkaitan dengan relaksasi dan tidur.

Jika dilakukan dengan penuh kedisiplinan, trik-trik di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah gangguan tidur. Namun, jika ternyata insomnia yang Brava Listeners alami adalah akibat penyakit tertentu di dalam tubuh, maka satu-satunya jalan adalah dengan menemui dokter untuk mendapat penanganan medis.[Teks: @moehakam | Foto: en.amerikanki.com]

Sumber:

Brava

SHARE