Al dan ombak

0
82

Suasana pantai serasa menyapa, kala wanita yang sering dianggap ‘bule’ ini datang mengunjungi studio Cosmo beberapa waktu lalu. Ucita Pohan dalam program Fun Fearless Female sebagai penyiar waktu itu telah kenal lama dengan nara sumber yang suka berselancar ini, Gemala Hanafiah atau yang akrab dipanggil Al.

Dalam obrolan mereka itu, terungkap beberapa fakta mengenai Al dan ombak dalam kehidupannya. Berikut ini adalah faktanya:

Surfing time.
“Paling lama sebulan sekali. Itu masih mending, kalau teman-teman yang benar-benar surfer dan udah tinggal di laut gitu. Seminggu nggak surfing itu udah sakit-sakit badannya.”

Lokasi surfing terdekat dari Jakarta.
“Di Cimaja, Pelabuhan Ratu. Ok banget, dan kebetulan Wet Traveler yang terbaru tentang Cimaja. Cuma 4 jam, kalau misalkan macet lebih lama dikit lah ya. Terus ombaknya konsisten.”

Wet Traveler adalah: video mengenai perjalanan Al ke tempat wisata-wisata seru, yang semua detail penggarapannya dilakukan bersama partnernya, Pinneng.

Defenisi ombak.
“Ombak banyak jenisnya. Tapi ombak itu sendiri terjadi akibat badai. Nah badai itu yang mendorong tenaga menjadi ombak. Pertama bentuknya gelombang dan energinya memutar. Semakin mendekati daratan putarannya semakin tinggi dan akhirnya pecah kalau udah semakin dangkal. Itu yang bisa dipakai untuk surfing. Kalau di tengah laut nggak ada badai, itu berarti nggak ada ombak, jadi lautnya flat kaya pancake.”

Simile ombak.
“Ombak itu hal yang kontrakdiktif. Ombak itu lembut dan juga keras. Indah tapi menegangkan. Seksi tapi gahar.”

Ombak ideal.
“Tingginya se-gue lah, terus dia jangan terlau lembut-lembut amat, jangan keras-keras amat, sedang-sedang aja, tapi berdiri. Jadi, ada yang namanya bahu ombak, itu adalah bagian di mana surfer bisa jalan. Nah bahunya itu yang enak yang berdiri.”

Jumlah papan surfing.
“15”

Lokasi ombak terbaik.
“Indonesia, karena ombak Indonesia paling bagus sedunia, bahkan lebih bagus dari Hawai. Karena kalau Hawai itu kan terekspos jadi dia gampang rusak sama angin. Dalam setahun paling cuma setengahnya aja yang bisa kepakai. Tapi di Indonesia lo sepanjang tahun bisa surfing. Tinggal milih doang. Musim hujan ke Aceh, dry season ke Rote. Kita juga cuacanya nggak esktrim kan, jadi nggak perlu pakai wetsuit yang tebel-tebel.”

How to have fun and fearless life just like you?
“Jangan terlalu panjang dipikirin, langsung dilakukan saja, dan jangan takut matahari.”

Fun Fearless Female mengudara setiap Senin hingga Jumat pukul 10 pagi hingga 1 siang. [teks @bartno | foto ist]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE