Deretan pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat wawancara kerja dan jawabannya

0
367

Deretan pertanyaan saat wawancara kerja memang terkadang bisa membuat Anda resah dan menjadi canggung. Persiapkan diri Cosmoners dan tenang dalam menjawab, itu kuncinya. Nah, supaya lebih mantap dalam menjawab pertanyaan yang santar dilontarkan, intip daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat wawancara kerja, dan kunci jawabannya.

Ceritakan tentang diri Anda
Jelaskan tentang Anda yang berhubungan dengan pekerjaan, jangan bercerita sesuatu yang personal, kecuali ditanya.

Apa kelebihan Anda?
Silahkan tuturkan kelebihan Anda dalam bekerja, namun hati-hati menjadi terlalu percaya diri. Terlihat sombong justru bisa menjatuhkan.

Kalau kekurangan Anda?
Jangan langsung menjawab segala kekurangan Anda dalam bekerja, namun jawab dengan rapi satu kekurangan Anda yang justru bisa menjadi kelebihan. Misalnya, perfeksionis atau pekerja keras.

Kenapa pindah dari kantor sebelumnya?
Alih-alih menjawab kekurangan kantor/lingkungan sebelumnya, jawab dengan pernyataan positif seperti, “saya ingin meningkatkan kualitas diri dengan mencoba hal baru.”

Mengapa menurut Anda, Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan ini?
Tonjolkan kelebihan Anda pada pekerjaan sebelumnya. Apa yang sudah Anda raih berkaitan dengan pekerjaan yang ingin Anda dapatkan. Ceritakan pengalaman saat menghadapi krisis untuk meyakinkan bahwa Anda adalah orang yang tepat.

Bagaimana cara Anda bekerja dibawah tekanan?
Hati-hati dalam menjawab pertanyaan ini. Tuturkan contoh kasus yang berhasil Anda tangani, walaupun sedang berada dibawah tekanan.

Lima tahun dari sekarang, Anda ingin jadi apa?
Jawab sesuatu yang berkaitan dengan resume dengan percaya diri seolah Anda memiliki visi yang jelas.

Bagaimana Anda menghadapi kritikan?
“Kritikan adalah cara terbaik untuk menjadi lebih baik,” adalah jawaban yang tepat.

Apakah Anda bisa sukses di pekerjaan ini, kenapa?
Jelaskan bahwa hubungan antara kemampuan dan pekerjaan yang Anda ambil bisa menjadi korelasi yang baik dan menjadi sebuah kesempatan dalam meraih sukses.

Apapun situasinya, jangan lupa untuk tetap tersenyum dan usahakan jangan terlihat tegang selama wawancara berlangsung. Good luck, Cosmoners! [teks Mindy Paramita/bitrebels.com | foto levo.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE