Baterai iPhone tahan lama segera datang

0
277

Berapa lama baterai iPhone Anda mampu bertahan sejak terisi penuh, Brava Listeners? Apa komentar Anda jika ada baterai iPhone yang mampu bertahan selama seminggu?

Well, rasanya saat ini tak perlu banyak berkomentar karena sebentar lagi mimpi para pengguna iPhone yang selalu bermasalah dengan daya tahan baterai gadget-nya itu akan segera terpecahkan. Sebuah perusahaan teknologi bernama Intelligent Energy dikabarkan sedang mempersiapkan baterai iPhone yang mampu bertahan lama.

Seperti dilansir Huffington Post belum lama ini, produsen third party itu mengklaim telah menciptakan baterai iPhone menggunakan sel oksigen dan hidrogen untuk menghasilkan energi listrik. ‘Ramuan’ tersebut dipercaya akan membuat baterai ciptaannya itu mampu menyalakan iPhone selama sepekan dalam sekali charge.

Apple sendiri belum mengonfirmasi atau membantah memiliki ikatan kerjasama dengan Intelligent Energy untuk menyuplai baterai produknya. Namun purwarupa baterai yang sudah diciptakan didesain dengan dimensi yang pas dengan casing iphone tanpa perlu alat tambahan.

“Berdasarkan pengalaman kami, hal ini belum pernah diciptakan sebelumnya. Dan sekarang kami mampu membuat sel bahan bakar yang sangat tipis dan sesuai dengan sasis telepon genggam,” ujar Chief Executive Intelligent Energy Henri Winand.

Di samping kecanggihannya yang diakui dunia, masalah daya tahan baterai menjadi momok yang belum dapat diatasi oleh Apple. Bahkan untuk produk terbarunya, iPhone 6, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu harus menggunakan chip tambahan atau akselerometer untuk menunjang umur baterai.

Seperti dikutip dari Tech Times, Apple menggunakan dua akselerometer buatan InvenSense dan Bosch. Akselerometer enam sumbu, InvenSense, didesain untuk gaming, aplikasi dan tugas-tugas penting lainnya. Namun chip ini sangat boros memakan daya baterai.

Maka, Apple memerlukan bantuan chip kedua untuk mengatasi masalah tersebut. Tak seperti InvenSense, akselerometer Bosch memiliki tiga sumbu yang bekerja pada kekuatan rendah secara signifikan dan memberi waktu start-up yang lebih cepat. Chip ini berfungsi menangani sebagian besar kinerja handphone yang tidak memerlukan kekuatan penuh.

Sekarang, Brava Listeners tinggal menunggu kapan baterai tahan lama untuk iPhone itu mulai dirilis. [Teks: @moeha | Foto: Huffington Post]

SHARE