Deretan rencana finansial yang harus Anda lakukan sebelum berusia 30

0
160

Memasuki usia 30 tahun adalah langkah yang besar. Anda mengucap selamat tinggal pada usia menjelang dewasa dan perlahan menjadi matang. Usia bertambah tentu seiring dengan tanggung jawab, yang paling penting adalah Anda harus sudah matang dengan kondisi finansial. Ini adalah deretan hal yang (seharusnya) sudah Anda capai di usia 30 tahun.

Anda harus sudah memiliki dana darurat
Pakar merekomendasikan setidaknya Anda memiliki dana darurat sebesar enam bulan pengeluaran rutin, namun satu tahun adalah angka yang lebih baik untuk menutupi biaya darurat seperti rumah sakit atau saat (jangan sampai) kehilangan pekerjaan.

Antisipasi, persiapan dan tabungan untuk hal besar
Sebagai contoh, Anda harus punya rencana akan hal besar seperti pernikahan, rumah, anak-anak, hewan peliharaan atau pengeluaran besar lainnya. Dengan memiliki rencana tersebut, Anda akan secara otomatis menyesuaikan dengan gaya hidup.

Ayo menabung
Menyisihkan rutin untuk tabungan tiap bulan, adalah tanda sayang Anda terhadap diri sendiri. Alias, bekal proteksi pribadi.

Tentukan mana keinginan dan kebutuhan
Anda harus bisa memiliki prioritas apa yang boleh dikeluarkan dan mana yang harus disimpan. Pintar mengurangi hal yang tidak perlu untuk mendapatkan hal lain yang lebih penting.

Siapkan wasiat!
Ya, wasiat. Anda tidak tau kapan umur berakhir, dengan apa yang dimiliki (terutama jika Anda sudah memiliki keluarga apalagi anak) wasiat akan simpanan uang perlu dibuat. [teks Mindy Paramita/levo.com | foto wholehealthwise.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE