Kenekers, kumpulan navigator tanah air

0
97

Dalam Brava Community di pekan pertama Agustus kemarin, Rudy Rusli dan Fika Rosemarie kedatangan tamu dari komunitas Navigator Speed Off Road Indonesia yang menamakan dirinya, Kenekers.

Navigator sendiri adalah pendamping driver dalam sebuah adu balap dengan memberikan informasi mengenai jalur yang akan dilewati, juga mencatat apa-apa saja yang terjadi selama balapan sebagai bahan rujukan untuk melakukan persiapan di tantangan balap selanjutnya.

Bagaimana tugasnya dan berapa pendapatannya, Kenekers memberikan jawabnya lewat Brava Radio 103.8 FM Jakarta.

Tugas
“Yang pertama pastinya administrasi jelang balap. Kedua, itinerary dari event tersebut, kapan waktunya survei, kapan waktunya latihan resmi, kapan waktunya briefing, dan jadwal balapannya.

“Di sisi lain dengan tim mekanik harus saling koordinasi. Tim mekanik seperti ujung tombak kita. Mereka prepare seperti apa atas hasil survei kita. Jadi memang harus ngerti mobil. Singkatnya, navigator juga bisa jadi montir,” jelas Lanang Damarjati ketua Kenekers.

Pendapatan
Kalau mengenai berapa pendapatannya, mereka mengaku itu berbeda tiap navigator. Tunggul Birawa salah satu anggotanya yang dahulu berawal dari seorang peliput acara otomotif menceritakan,

“Saya rasa kalau melihat pengalaman, tergantung timnya. Ada yang karena sama-sama satu passion, ada yang rapi yang sudah tertata dengan sponsor. Kisarannya bervariasi, mungkin sekitar 1,5 juta hingga 10 jutaan.”

Namun sayangnya, di sini sekolah navigator belum tersedia. Tapi bagi Brava Listeners yang ingin tahu lebih lengkap mengenai profesi navigator bisa lihat grup Facebook mereka di ‘Asosiasi Navigator Speed Off Road Nasional’.

Yuk dengarkan siaran Brava Community yang hadir setiap Rabu jam 19.00 – 20.00 di Brava Radio 103.8 FM Jakarta. Siapa tahu komunitas selanjutnya dapat menarik Anda untuk bergabung. [teks @bartno | foto coloribus.com]

Sumber:

Brava

SHARE