Tips membuat anggaran [untuk Anda yang malas membuatnya]

0
179

Membuat anggaran adalah cara terbaik untuk mengatur uang. Namun, jika Anda satu dari sekian juta orang yang benci melakukannya (hanya karena hal tersebut terasa membuang waktu atau simply karena Anda tak tau bagaimana melakukannya secara efektif) berikut adalah cara mudah membuatnya.

Buat sesimpel mungkin. Gunakan perangktat online seperti Mint.com atau Jojonomic di HP Anda, untuk mempermudah melacak keuangan yang masuk dan keluar tiap harinya.

Jangan terlalu spesifik. Tak perlu terlalu detil membagi jenis anggaran. Buat kategori yang paling sering Anda gunakan, misal makanan, pinjaman, transportasi, hiburan dan tabungan. Dengan begitu, Anda tidak terlalu pusing dengan banyak kategori dan detil anggaran.

Jika Anda terlalu ribet dengan rencana, pasti malah tidak bisa mengikuti anggaran dengan baik. Jadi, buat anggaran yang sesuai dan mampu diikuti. Tentukan anggaran sesuai dengan porsi bulanan tetap Anda.

Untuk bulan pertama dan kedua, tidak perlu membuah anggaran aktif. Perhatikan kemana datang dan perginya pemasukan Anda dan catat. Selalu jujur dalam pengeluaran. Cosmoners hanya pergi ke sebuah market dan beli dua batang permen? Catat. Di akhir bulan, pelajari pengeluaran Anda. Dengan begitu Anda tau mana yang bisa Anda rem dan pengeluaran rutin.

Cara paling mudah dan tradisional dalam membuat anggaran adalah, amplop anggaran. Tulis di tiap amplop kategori kebutuhan tiap bulan. Saat gaji masuk, langsung masukkan ke dalam pos masing-masing dan jangan diutak atik, ya. [teks Mindy Paramita/premeditatedleftovers.com | foto money.usnews.com]

 

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE