Honda BR-V, SUV terkecil dari Honda

0
528

Honda semakin memperluas pasar mobil jenis SUV dengan merilis Honda BR-V. Mobil ini dinilai sebagai SUV terkecil yang pernah ada.

Meski belakangan ini pasar otomotif Tanah air agak lesu, hal itu tak menyurutkan niat Honda untuk terus berinovasi. Hasilnya adalah lahirnya beberapa produk baru seperti HR-V dan Honda BR-V yang peluncuran world premiernya baru saja dilakukan di ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS).

Sebagai salah satu produsen otomotif yang banyak membuat mobil-mobil crossover, Honda kembali membuat gebrakan dengan menciptakan Honda BR-V sebagai mobil SUV dengan dimensi paling kecil. Namun, keluarga crossover yang termasuk dalam RV series (runabout vehicles) ini, diklaim Honda memiliki beragam kelebihan untuk membedakan sekaligus membuatnya unggul dari rival-rivalnya.

Kelebihan pertama adalah dari segi desain. Honda menyebut Honda BR-V sebagai kendaraan/crossover multifungsi generasi terbaru dengan sentuhan desain bercitra tangguh.

Jika dilihat dari sketsanya, maka jelas sekali apa yang dimaksud dengan desain bercitra tangguh. Tengoklah fender dengan over fender plastik hitam di roda depan dan roda belakang. Kesan SUV/crossover memang terlihat ingin sekali ditonjolkan oleh Honda sehingga ground clearance yang tinggi pun menjadi kelebihan kedua Honda

BR-V. Kelebihan ketiga adalah kabin yang luas dan nyaman. Itu janji Honda kepada konsumen di Indonesia. Sinyalemen ini bisa ditelaah dari basis platform milik Brio yang dipakai oleh Honda Mobilio. Dimensi (panjang x lebar x tinggi) 4.386 x 1.683 x 1.603 mm, berhasil dimanfaatkan dengan relatif baik di Honda Mobilio. Tentunya tidak akan jauh berbeda dari Honda BR-V. Konfigurasi tiga baris jok, dengan kapasitas tujuh tempat duduk, dibarengi ruang kaki memadai (baris pertama dan kedua) bagi orang dewasa, dan anak-anak bagi baris ketiga, relatif memadai bagi keluarga kecil pencari kendaraan keluarga. Lihat juga foto-foto interior Honda BR-V.

Kelebihan keempat adalah di sektor mesin dan transmisi. Honda menjejali mesin 1,5 liter i-VTEC ke balik bonnet BR-V dengan pilihan transmisi M/T, A/T dan CVT.

Kelebihan kelima adalah fitur keselamatan. Honda BR-V akan dibekali dengan dual airbag bagi penumpang depan dan pengemudi, lalu rem dilengkapi ABS, serta ABD. Seluruh bodi mobil sudah mengaplikasi teknologi G-CON dan ACE.

Jika tak sabar ingin lihat bentuk asli Honda BR-V, Anda bisa mengunjungi GIIAS 2015, Brava Listeners. [Sumber: Autocar Indonesia | Foto: Green Car Reports]

Brava

SHARE