Penyebab penuaan pada rambut

0
73

Rambut sebagai mahkota memang seharusnya mendapat perhatian ekstra. Tebal dan mudah diatur jadi rambut impian setiap wanita.

Namun harus disadari, rambut juga bisa menua. Tetapi hal ini jarang mendapat perhatian. Apa saja penyebabnya, berikut jawabannya.

1. Rambut adalah adneksa kulit [struktur tambahan perpanjangan dari kulit, yang memiliki peran tertentu, seperti kelenjar keringat, rambut dan kuku], sehingga penuaan yang terjadi pada kulit akan selalu diikuti dengan penuaan pada rambut.

2. Proses penuaan pada rambut terjadi karena fisiologis sesuai dengan bertambahnya umur dan faktor eksternal yang terjadi karena kerusakan pada batang rambut akibat lingkungan atau kosmetik.

Rambut yang kering, kusam, kasar, graying, dan rotok hebat adalah ciri-ciri rambut yang telah mengalami penuaan. Akibat yang bakal terjadi adalah:

1. Penurunan pertumbuhan rambut yang menyebabkan terjadinya penipisan rambut hingga kebotakan.

2. Penurunan dari kerja melanosit yang berada dalam folikel [bagian dari kulit, yakni sebuah kantong tempat tumbuhnya rambut]. Melanosit merupakan sumber dari melanin, sebagai senyawa penting yang menentukan warna rambut. Bila melanosit rusak atau hilang, maka tubuh manusia tidak dapat mereproduksi melanosit yang baru, sehingga jumlah melanin yang dihasilkan berkurang dan berdampak pada menurunnya kualitas rambut.

3. Melanosit dapat rusak dan terdegredasi sebagai dampak pengaruh oksidasi, seperti paparan UVA & UVB, polusi, stres, dan akumulasi radikal bebas.

Berkaitan dengan itu, L’Oreal lewat produknya Kerastase memperkenalkan serum barunya, Densifique Serum Jeunesse, yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas dan merawat keremajaan rambut. Dalam kandungan serum ini ada senyawa kompleks anti-oksidan yaitu, AOX Cellular yang bermanfaat untuk melindungi melanosit pada rambut.

Hasil uji in-vitro membuktikan bahwa melanosit yang terlindungi dengan AOX Cellular mampu bertahan terhadap proses oksidasi sehingga terhindar dari kerusakan, dan dapat tetap memproduksi melanin dengan optimal.

Densifique Serum Jeunesse diformulasikan untuk semua jenis rambut dan kulit kepala, serta dapat digunakan pada musim apa pun sepanjang tahun. « [teks @bartno | foto howtogrowfaster.com]

SHARE