Jagongan Wagen Goes to Jakarta

0
171

Galeri Indonesia Kaya [GIK], Jakarta, kembali menghadirkan bakat-bakat seniman muda Indonesia. Kali ini datang dari Padepokan Seni Bagong Kussudiardja [PSBK], Bantul, Yogyakarta.

Para seniman PSBK yang tampil malam kemarin [10/09] adalah para pemegang beasiswa yang diperuntukkan bagi seniman muda Indonesia yang memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi seni mereka dalam Program Seniman Pasca Terampil.

Program Seniman Pasca Terampil merupakan wadah pendidikan alternatif bagi Seniman di PSBK, yang membangun kesadaran terhadap potensi dan kemungkinan peran seni serta seniman pada pengembangan hidup manusia.

Melalui program ini seniman mampu mengembangkan berbagai keterampilan diri sebagai seniman secara mandiri dan lebih mendalam.

Program ini dirancang untuk mendukung keberlanjutan belajar seniman pasca terampil yang mempertemukan pembelajaran keterampilan seni hidup (life skills), kegiatan praktikum penciptaan dan presentasi seni dan pengalaman nyata di lapangan seni hidup-nya PSBK.

Setelah menjalani program selama kurang lebih 6 bulan, delapan dari 10 seniman terpilih yang memiliki kemampuan berkesenian yang berbeda, berbagi pengalaman mereka ke hadapan publik di GIK dalam bentuk pementasan ‘Jagongan Wagen Goes to Jakarta‘.

Para seniman itu adalah, Arif Hanungtyas Sukardi, Asep Prasetyo, Gendra Wisnu Buana, Harik Giarian Hafidz, Helmi Fuadi, Lukman Santoso, Rosalia Novia Ariswari, dan Wisnuaji Putu Utama.

Dalam pertunjukkannya itu terbagi dalam dua lakon, pertama bertema ‘kebersihan’ dan kedua bertema ‘cinta’.

Pada lakon yang pertama, ada permainan musik dari alat-alat sederhana. Seperti misalnya, ember, sikat pembersih, dan sapu lidi.

Kemudian di lakon kedua, lebih mengedepankan permainan mimik dan gerakan. Plus digabung dengan lagu-lagu populer. Pertunjukkan semalam itu mendapat sambutan cukup baik dari penonton.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja kembali membuka pendaftaran bagi para seniman untuk bergabung mengikuti Program Seniman Pasca Terampil periode berikutnya.

Pendaftaran tersebut akan dibuka mulai tanggal 2 November 2015 hingga 19 Desember 2015, dan dapat dilakukan dengan mengunjungi website www.psbk.or.id atau datang langsung ke PSBK. Tertarik G-Readers? [teks @bartno | foto dok. GIK]

SHARE