Situs bersejarah dunia yang belum pernah Anda dengar

0
256
Kubah Batu Newgrange, Irlandia

Mengunjungi situs bersejarah seperti Piramida dan Patung Sphinx di Mesir, Tembok China atau Colosseum di Roma mungkin sudah banyak dilakukan wisatawan. Tapi pernahkah Anda melancong ke situs kuno yang belum banyak didengar orang?

Di dunia ternyata banyak situs kuno yang belum terekspos namun memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Terutama karena situs-situs tersebut dibuat dengan struktur yang unik dan menyimpan misteri. Berikut ini beberapa situs kuno yang mungkin belum pernah Anda dengar:

1. Kota Bawah Tanah Derinkuyu, Turki

Sekitar 750 kilometer di sebelah tenggara Istabul, ada sebuah kota kecil bernama Derinkuyu. Uniknya, di bawah kota yang berada di wilayah Provinsi Nevshevir itu juga terdapat kota bawah tanah yang dibangun sekitar abad ke-7 atau ke-8 sebelum masehi.

Kompleks di bawah tanah ini dahulu digunakan oleh masyarakat setempat untuk berlindung dari serangan para perampok. Tempat perlindungan bawah tanah ini layak disebut kota karena bisa menampung 20 ribu orang lengkap dengan binatang ternak dan persediaan bahan makanan. Meski sudah lama tidak digunakan, Kota Bawah Tanah Derinkuyu ini masih bisa diakses untuk kepentingan pariwisata.

2. Kota Terapung Nan Madol di Micronesia

Dibangun sekitar tahun 1200, Nan Madol merupakan kota terapung di Micronesia yang cukup misterius. Kota ini berupa pulau kecil yang terbuat dari batu basal yang disusun secara rapi. Namun keindahan Nan Madol belum banyak diketahui orang karena letaknya yang terpencil, lebih dari 3.600 km sebelah timur Filipina, di tengah Samudera Pasifik.

3. Kubah Batu Newgrange, Irlandia

Sebuah kubah raksasa terhampar di dataran wilayah bernama County Meath di Irlandia. Diameternya 76 meter dengan tinggi 12 meter dan mengutupi wilayah seluas 4.500 meter persegi. Dari jauh, kubah batu ini terkesan seperti piring terbang UFO yang bagian atasnya diselimuti rerumputan. Seperti dikutip dari BBC.com, kubah ini diperkirakan dibangun lima ribu tahun lalu selama era Neolitikum tahun 3.200 sebelum masehi. Situs ini juga dinilai sebagai salah satu bangunan megalitikum peling penting di Eropa.

Bagaimana Brava Listeners, sudah menentukan lokasi berlibur unik Anda?

Sumber:

Brava

SHARE