Canon siapkan sensor kamera 250 megapiksel

0
217

Pernahkah Anda berangan-angan memotret dengan jelas tulisan di badan pesawat yang sedang terbang sejauh 18 kilometer di udara? Sebentar lagi hal ini bisa Anda lakukan setelah Canon selesai membuat sensor kamera dengan resolusi 250 megapiksel.

Bicara kualitas gambar yang dihasilkan oleh sebuah produk kamera tak akan lepas dari kualitas lensa dan sensor yang tertanam di dalam kamera.

Semakin besar resolusi yang mampu dihasilkan sensor, akan semakin tajam gambar yang dipotret. Untuk memimpin teknologi kamera, produsen asal Jepang Canon tengah mempersiapkan sebuah sensor dengan resolusi mencapai 250 megapiksel.

Seperti dilansir Digit, jika nantinya terealisasi, Canon mengklaim karyanya tersebut merupakan sensor dengan resolusi paling tinggi yang pernah dibuat untuk sensor CMOS yang ukuran fisiknya lebih kecil dari sensor full-frame 35 mm.

Sensor CMOS jenis APS-H yang sedang dikembangkan ini dimensinya hanya 29,2 mm x 20,2 mm namun mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 19.580 x 12.600 piksel.

Sebagai gambaran, sensor yang dimiliki kamera-kamera DSLR premium baru mencapai resolusi 36,2 megapiksel. Sementara kamera medium format seperti Hasselblad sudah memiliki sensor yang beresolusi 200 megapiksel namun ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan sensor CMOS.

Jika penasaran dengan apa yang bisa dilakukan sensor beresolusi 250 megapiksel, bayangkan jika Anda memotret pesawat yang sedang terbang sejauh 18 kilometer dari tempat Anda. Hasilnya bukan hanya tubuh pesawat yang terekam dengan jelas, tapi juga setiap huruf yang tertulis di badan pesawat akan tertangkap dengan baik.

Dengan kemampuan tersebut, Canon menilai teknologi yang sedang dikembangkannya bisa dipakai untuk kepentingan surveillance (pemantauan) atau peranti untuk mencegah kejahatan. Sebab, selain untuk memotret, sensor 250 megapiksel Canon juga bisa menghasilkan video yang diklaim 30 kali lebih tajam dibanding video kualitas 4K (empat kali Full HD) pada kecepatan 5 fps (frame per second).

Sebelumnya, Canon juga sudah berhasil membuat sensor APS-H 120 megapiksel pada 2010 meski belum dikomersilkan pada koleksi kamernya. Kamera Canon DSLR EOS 5DS terbaru yang diluncurkan tahun ini baru memiliki resolusi 50 megapiksel.

Kira-kira, apa yang akan Anda potret jika memiliki kamera beresolusi 250 megapiksel, Brava Listeners? [Teks: @moehakam | Foto: Instructable.com]

SHARE