Kunci sukses Singapore Airlines

0
112

Setiap tahun maskapai nasional Singapura, Singapore Airlines [SIA] selalu mendapatkan award terbaik yang menegaskan kesuksesannya di jasa penerbangan.

Yang terbaru di Juli 2015, Travel & Leisure Magazine [USA] memberikan penghargaan ‘World’s Best International Airline’ [20 kali secara beruntun], dan satu lagi penghargaan dari AB Road [Japan] sebagai ‘Overall Best Airlines’ [4 kali berurutan].

Apa kunci sukses SIA dalam meraih banyak penghargaan tersebut? Berikut penjelasan Vinod Kannan sebagai General Manager Indonesia SIA kepada Ferdy Hasan dalam program The Captain, Brava Radio 103.8 FM, yang hadir setiap Kamis pukul 9 Р10 pagi WIB.

Rahasia SIA tetap bertahan menjadi yang terbaik?
“Customer service kami begitu kami jaga dan tingkatkan. Kami selalu berhubungan dengan konsumen setiap ada produk baru dan kita selalu minta pendapat mereka. Kami punya wonderful product. Dan kita juga punya tim yang baik, yang selalu berusaha membuat customer spesial.”

Strategi menghadapi kompetitor?
“Kompetisi akan selalu ada. Kami brand yang cukup terkenal, tapi kita punya cara untuk berkompetisi dengan maskapai lain. Seperti mendirikan brand baru Silk Air yang merupakan regional full service carrier kami. Tiger Air untuk Low Cost Carrier yang sekarang mayoritas sahamnya kami miliki. Ada Scoot yang juga Low Cost Carrier, yang 100 persen sahamnya punya kami. Intinya kami coba masuk di setiap segmen pasar.”

Bagaimana cara Anda memimpin?
“Saya tidak bilang saya guru yang baik. Tapi ada sesuatu yang kita perlu pikirkan. Anda perlu memberikan kepada karyawan Anda kekuatan untuk memutuskan dalam service industry. Karena itu perlu fleksibel, smart, dan berikan mereka kesempatan untuk memutuskan itu. Kemudian saya juga melakukan perayaan terhadap sesuatu yang baik ‘little victory’. Juga bertemu dengan para staff dan mencari tahu ada kesulitan apa pada mereka.”

Vinod dikenal sebagai pemimpin yang suka bekerja sederetan dengan meja kerja para karyawannya. “Karena mereka yang membuat kita seperti ini. The staff is determining where the company is going. Jadi mereka aset terbesar kami,” itu alasannya.

Business definition in 3 words?
“3 H.1. Hungry – untuk bisnis dan mencari peluang. 2. Humble – terutama di Indonesia yang begitu beragam budayanya. 3. Honest – Jika ada customer datang ke Anda dan Anda berusaha membantunya, tetapi bila Anda tak bisa membantunya, sebaiknya katakan saja I’am sorry this only I can do. Karena hal terakhir yang ingin Anda katakan ke pelanggan, yes is gonna happen, is gonna happen, tetapi akhirnya, Anda malah membuat dia kecewa.

Sumber:

Brava

SHARE