Portuguese Egg Tart, kue khas Macau yang wajib dicicipi

0
319
foto: diarysivika.com

Merencanakan perjalanan wisata membuat acara jalan-jalan jadi terkendali. Tetapi ada juga wisatawan yang ingin ‘kejutan-kejutan’ dalam liburannya. Mereka pergi hanya dengan membawa niat ingin berwisata saja dan menunggu kejutan di sana yang bakal terjadi.

Apapun pilihan G-Readers, yang penting di akhir jalan-jalan itu ada kebahagian yang didapat dan cerita yang bisa dibagikan.

Belum lama ini, Lonely Planet sebagai penyedia buku panduan wisata terbesar di dunia, mengumumkan 10 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia untuk tahun 2015. Dan salah satu yang termasuk di dalamnya adalah Macau.

Macau adalah kota yang pernah berada dalam pemerintahan Portugis selama lebih dari satu abad. Karenanya, bangunan-bangunan bergaya Eropa banyak tersebar di kota seluas 30,3 kilometer persegi ini.

Tapi sekarang, Macau telah kembali ke pangkuan China dengan status ‘Special Administrative Regions’.

Beberapa tempat wajib yang harus dikunjungi di Macau diantaranya adalah, Macau Tower [coba bungee jumping-nya yang masuk dua tertinggi di dunia, 233 meter], Ruins of St. Paul’s, A-Ma Temple, The House of Dancing Water, dan masih banyak lainnya. Tapi yang nggak boleh kelupaan adalah mencicipi Portuguese Egg Tart-nya.

Secara singkat, Portuguese Egg Tart hadir di Macau ketika pertama kali ditemukan di Guangzhou pada tahun 1920, karena perang Opium pertama. Sejak saat itu budaya Eropa diperluas di daerah Guangzhou, termasuk budaya makanannya.

Pada tahun 1940, Portugis sebagai negara Eropa yang menduduki Hong Kong memperkenalkan custard tart, yang kemudian diadaptasi oleh penduduk Macau, dan dikenal sebagai Portuguese Egg Tart.

Lalu mengapa kue ini begitu spesial dan wajib dicicipi saat ke Macau? Alasan utama, karena kue ini memiliki rasa manis bercampur telur dan karamel yang pas. Kelembutan permukaan kue pun nikmat saat ‘mendarat’ di mulut.

Dengan rasa dan kelembutannya itu, jangan heran kalau Portuguese egg tart bakal bikin kamu ketagihan. Mungkin makan satu, dua, tiga bisa kurang lho.

Selain rasanya yang enak, kue ini pun bebas dari bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Disajikan tanpa bahan pengawet, membuat Portuguese Egg Tart nggak bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Sekali dibeli, enaknya langsung makan saat hangat-hangat baru dimasak.

Memang mudah untuk mendapatkan Portuguese egg tart di Macau. Hampir di setiap sudut kota, pusat perbelanjaan pasti menjajakan camilan khas ini. Karena beli langsung dimakan, maka kue ini pun cocok sebagai teman ketika berbelanja, atau pun menyusuri tempat-tempat wisata di Macau.

Tapi, kalau pengin ke tempat yang spesial menyajikan Portuguese egg tart, silahkan mampir ke Lord Stow’s Bakery & Cafe yang terletak di 1 Rua da Tassara, Coloane Island, Macau. Di toko bakery yang sudah buka sejak 1989 ini, satu egg tart dihargai sekitar MOP 8 atau sekitar 11 ribu rupiah.

SHARE