Ibu dengan Postpartum Depression? Bantu, yuk!

0
125

Depresi pasca melahirkan atau PostPartum Depression (PPD) dirasakan oleh banyak Ibu. Ini terjadi bisa karena proses melahirkan yang sulit, atau semata-mata kelelahan dengan rutinitas baru.

Untuk Anda yang pernah merasakan, tentu tau bagaimana mengatasinya (jika terulang lagi). Nah, bagaimana jika PPD terjadi pada kolega, atau sahabat Anda? Yuk bantu mereka melewasi PPD dengan cara berikut:

Tawarkan bantuan
Untuk Ibu yang baru melahirkan, satu minggu setelahnya bisa menjadi minggu yang sangat melelahkan. Terutama saat mereka merasa mulai ditinggalkan sendiri mengurus si bayi. Tawarkan bantuan seperti menggendong bayinya, agar si Ibu bisa melakukan kegiatan lain atau jika Anda punya waktu lebih, berbelanja kebutuhan si Ibu akan sangat membantunya.

Mengerti dan empati
Cari tau informasi tentang PPD untuk mengerti apa yang terjadi pada si Ibu. PPD tidak menjadikannya, Ibu jahat yang benci pada anaknya. Hormonlah yang bisa memicu stres pada Ibu, juga kelelahan. Jadi, mengerti dan empati sangat diperlukan bagi Ibu yang mengalami PPD.

Temani ke dokter
Apakah si Ibu takut pergi ke dokter karena terlihat trauma? Ini hal yang wajar terjadi pada Ibu yang terkena PPD. Merasa tidak mampu, gelisah, sering menangis adalah beberapa cirinya. Jika memang ini terjadi pada kerabat Anda, ajak dia untuk mendapat penanganan ahli. Temani ia ke dokter dan ada di sampingnya ketika ia melewati masa sulitnya. [teks Mindy Paramita/popsugar.com | foto ist]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE