BMW 218i Grand Tourer, kejutan dari Munich

0
132
Gran Tourer

Tahun ini, BMW menyajikan sejumlah kejutan, salah satunya adalah BMW 218i Gran Tourer yang merupakan MPV 7-seater pertama pabrikan otomotif asal Jerman itu.

Diam-diam, di markas besarnya di Munich, BMW sudah menyiapkan surprise untuk pecinta otomotif di seluruh dunia. Yang pertama adalah ketika mereka menghadirkan mobil MPV bernama Active Tourer beberapa bulan lalu. Ini adalah mobil pertama BMW yang beroperasi dengan penggerak roda depan.

Kejutan yang terbaru adalah kemunculan BMW 218i Gran Tourer, mobil MPV 7-seater yang juga pertama kalinya dibuat Bayerische Motoren Werke. Sebelumnya, MPV mereka hanya berkapasitas 5 penumpang saja.

Dari segi desain, Seri-2 Gran Tourer ini tak banyak berbeda dari Active Tourer kecuali dimensinya yang bertambah panjang dan tinggi. Dengan panjang 4.556 mm dan tinggi 1.608 mm, Gran Tourer ini lebih panjang 214 mm dan lebih tinggi 53 mm dari Active Tourer, sementara lebarnya tetap sama. Dengan bertambahnya dimensi tersebut, maka tersedia baris ketiga yang cukup lapang bagi dua orang anak.

Di dalam kabinnya juga terhampar pemandangan yang identik dengan Active Tourer. Dashboard khas BMW hadir dengan panel high gloss black dan bahan kulit berkualitas tinggi yang juga berwarna hitam. Di dalamnya tersemat layar 6,5 inci yang mampu menampilkan konten multimedia, sistem Connected Drive, Bluetooth, CD Audio, bahkan ada docking khusus iPhone di konsol tengah.

Sebagai mobil keluarga, tentu fokus BMW adalah pada baris kedua dan ketiga hingga kapasitas bagasi. Pada baris kedua BMW menyediakan meja lipat di belakang kursi baris pertama. Anda bisa meletakkan makanan atau bahkan meletakkan laptop ketika harus bekerja secara mobile.

Baris kedua Gran Tourer ini menunjukkan kapasitas leg room yang juga sama baiknya dengan Active Tourer. Sementara kapasitas bagasinya memang tak sebaik Active Tourer jika kursi baris kedua dan ketiganya dalam posisi berdiri. Namun BMW memberikan tombol khusus di bagasi untuk melipat baris kedua jika Anda membutuhkan ruang bagasi yang lebih luas, sementara baris ketiganya cukup dengan satu sentuhan saja untuk dapat terlipat dengan sempurna. Jika hal ini Anda lakukan maka kapasitas bagasi Gran Tourer ini bisa menampung hingga 1.905 liter.

Untuk 218i Grand Tourer ini, BMW juga menggunakan mesin yang sama dengan Active Tourer yaitu 1.500 cc 3-silinder dengan Double VANOS, Valvetronic dan TwinPower Turbo. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 220 Nm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan mode pengendaraan Sport, Comfort dan Eco Pro yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Semuanya sama seperti spesifikasi dari Active Tourer, sampai pada karakter mesin tiga silinder yang memberikan getaran yang cukup mengganggu apalagi jika Anda mendengarkan suara mesinnya dari luar.

Meski akselerasinya dinilai tidak istimewa, namun cukup untuk membuktikan jika BMW serius dalam menggaet konsumen baru di segmen MPV.

[Sumber: Autocar Indonesia | Foto: BMW]

Brava

SHARE