Impresi terbaik di hari pertama bekerja

0
108

Hari pertama di pekerjaan baru memang layaknya memulai sekolah menengah atau kuliah – merasakan lagi bagai ikan kecil di kolam besar. Anda harus bersiap memulai impresi pertama yang baik (karena impresi pertama akan selalu teringat).

Memulai dengan tepat bersama kolega baru dan atasan, akan membuat karir Anda baik saat ini dan ke depannya. Simak, yuk tips untuk jadikan hari pertama Anda mengesankan untuk Anda, dan yang lain.

Senyum dan bersikap profesional
“Sebuah senyuman adalah langkah awal membangun sebuah hubungan baik,” ujar Steve Langerud, direktur global development di the Maharishi University of Management. Sebuah senyuman menandakan Anda senang berada di perusahaan tersebut.

Datang tepat waktu, pulang sedikit terlambat
Berada di kantor tepat waktu di hari pertama adalah wajib hukumnya. Datang lebih awal dari kolega yang lain, akan membuat impresi semakin baik. Jadi, survey dulu lokasi kerja di hari sebelumnya (di hari kerja, tentunya ya) untuk menghitung jarak dan perkiraan waktu perjalanan. Disarankan juga untuk pulang sedikit lebih lama dari yang lain, untuk mengetahui alur jam kerja rekan Anda yang lain.

Berpakaian yang sesuai
Pakaian mencerminkan kurang lebih kepribadian Anda. Untuk menonjolkan impresi yang ok, berpakaian sesuai dengan jenis pekerjaan. Jangan terlalu berlebihan, yang penting rapi dan bisa mencerminkan profesionalitas Anda.

Percaya diri saat mengenalkan diri
Ambil inisiatif untuk mengenalkan diri pada semua orang, terutama di divisi Anda. Latih percaya diri dengan berjabat tangan kepada semua. Selain membuat Anda merasa lebih nyaman, orang pun akan mulai menyadari kehadiran Anda dan bisa memulai bekerja sama.

Siapkan diri saat berbicara tentang perusahaan
“Persiapkan diri untuk menghadapi obrolan tentang perusahaan, terutama dengan atasan baru Anda,” ujar Mike Gough, profesor business administration Mid America Nazarene University. Pastikan Anda sudah mempelajari nilai, produk dan kompetitor di tempat Anda bekerja.

Dengarkan dan jangan malu bertanya
Dengarkan apa yang manager Anda katakan, dan catat di sebuah note bilamana penting untuk diingat. Juga jangan malu untuk bertanya jika Anda ragu akan sesuatu. Wajar saja, ini hari pertama Anda.

Fokus dan kerjakan sesuai perintah
Hari pertama biasanya pekerjaan belum banyak, namun jika Anda diserahkan tugas, tanyakan kapan harus diserahkan dan selesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Thank you note
Kirimkan email ucapan terima kasih pada orang yang telah membantu Anda hari itu. Ini akan membuat Anda dihargai dan sebaliknya untuk menjaga hubungan baik di kantor baru. [teks MIndy Paramita/nerdwallet.com | foto livecareer.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE