Jembatan Haohan Qiao, tantangan baru dari China

0
222
jembatan Haohan Qiao

Jika Anda gemar traveling sambil menguji nyali, Brava Listeners harus coba melewati jembatan gantung sepanjang ratusan meter yang alasnya terbuat dari kaca ini.

Traveling memang kurang seru tanpa mengunjungi spot-spot yang dapat memberikan pengalaman tak terlupakan. Salah satunya adalah spot yang mampu memompa adrenalin Anda seperti jembatan Haohan Qiao atau Brave Men’s bridge sepanjang 300 meter yang menggantung di ketinggian 180 meter.

Nyali Anda akan semakin diuji karena alas jembatan tersebut terbuat dari kaca. Seperti namanya, jembatan gantung di Taman Nasional Shiniuzhai, China itu memang dibuat untuk orang-orang berani berada di ketinggian.

Awalnya, jembatan Haohan Qiao alasnya terbuat dari kayu seperti jembatan gantung pada umumnya. Namun, seperti dilansir South China Morning Post, manajer taman nasional tersebut mulai menambahkan unsur kaca pada beberapa seksi jembatan tahun lalu. Merasa tertarik dengan ornamen kaca pada jembatan, akhirnya pengelola Taman Nasional Shiniuzhai memutuskan mengganti keseluruhan alas jembatan dari kayu menjadi kaca.

Satu tim yang berisi 11 pekerja dikerahkan untuk merenovasi jembatan. Mereka menambah struktur kabel besi yang lebih tebal untuk menambah kekuatan jembatan sebelum mengganti kayu dengan panel-panel kaca.

“Jembatan ini tidak akan ambruk meski para turis melompat-lompat di atasnya. Struktur besi di bawahnya juga dibuat sedemikian rupa sehingga tetap aman bagi pegunjung meski ada kaca yang pecah,” ujar Yang Guohung, salah satu tenaga ahli yang terlibat dalam pengerjaan jembatan tersebut.

Jembatan ini menghubungkan dua dataran tinggi yang dibelah lembah. Pemandangan lembah di bawah jembatan dapat terlihat jelas melalui panel-panel kaca.

Selain pemandangan yang indah, pengelola taman nasional juga menggelar banyak acara seperti fashion show di atas jembatan untuk menarik pengunjung. Jika struktur jembatan yang aman itu tak mampu menguji nyali Anda, Brava Listeners bisa melakukan bungee jumping dari atasnya. Bungee jumping tertinggi di dunia ini mungkin bisa memompa adrenalin Anda. [Teks: @moehakam | Foto: The Verge]

Sumber:

Brava

SHARE