Deretan mitos dan fakta seputar penggunaan bra

0
363

Kabar gembira! Sebuah studi yang mempelajari hubungan penggunaan pakaian dalam (bra) dengan kesehatan payudara yang telah dipublikasikan pada jurnal medis Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, menyatakan bahwa ternyata tak ada hubungan antara penggunaan bra dan kanker payudara.

Studi yang dilakukan para peneliti di Seattle’s Fred Hutchinson Cancer Research Center menemukan bahwa tak ada sama sekali korelasi antara bra dan kanker payudara. Nah, dengan adanya berita tersebut, ada baiknya menelaah lebih luas dengan fakta dan mitos yang sudah ada seputar bra dan payudara.

  • Mitos: Menggunakan bra bisa membuat payudara lebih kencang. Fakta: Ya, jika Anda remaja yang sedang berkembang dan baru belajar memakainya, tapi tidak untuk Anda yang sudah menggunakanya bertahun-tahun.
  • Mitos: Tidur menggunakan bra juga bisa mengencangkan payudara. Fakta: Walaupun menggunakan bra bisa membuat payudara terlihat kencang (saat berada di dalamnya) namun bentuk payudara tidak berhubungan dengan penggunaannya saat tidur, menurut Deborah Axelroad, asisten profesor di NYU Langon Medical Center.
  • Mitos: Tak apa untuk mencuci bra di dalam mesin cuci. Fakta: Mencuci bra di mesin cuci bisa menyebabkan kerusakan pada bra, terutama pada kawat penyangga dan merusak bahannya. Cuci menggunakan tangan akan lebih baik dan keringkan secara natural.
  • Mitos: Jorok jika Anda jarang mencuci bra selepas pakai. Fakta: Walaupun sebagian orang beranggapan Anda wajib mencuci bra setelah dua kali pakai, namun nyatanya bra boleh (dan baiknya) dicuci tak lebih dari dua kali sebulan.
  • Mitos: Memakai bra yang sama dua hari berturut-turut tak ada efek sampingnya. Fakta: Bra, layaknya pakaian lain juga perlu waktu “istirahat” untuk menjaga elastisitasnya, yang pasti akan berpengaruh pada kesehatan kulit dan payudara. [Teks Mindy Paramita/bustle.com | foto bustle.com]

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE