Cegah depresi dengan banyak makan ikan

0
167

Jika kesibukan membuat Anda stres dan depresi, Anda perlu banyak makan ikan, Brava Listeners. Mau tahu mengapa? Simak pembahasannya di bawah ini:

Kesibukan dan tekanan pekerjaan juga kemacetan adalah beberapa hal yang dapat memicu stres dan depresi. Sayangnya pemicu stres tersebut seringkali tak dapat dihindari dalam aktivitas sehari-hari. Namun ternyata ada cara mudah untuk menurunkan resiko depresi yaitu banyak makan ikan.

Dalam Journal of Epidemiology & Community Health terbitan terbaru, sebuah studi meta-analisis menemukan adanya kaitan antara konsumsi ikan yang tinggi dengan penurunan resiko depresi.

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisa 26 penelitian yang sudah dilakukan antara tahun 2001-2004 terutama yang berkaitan dengan konsumsi ikan dan depresi. Di antaranya, 10 penelitian yang melibatkan proses monitoring orang-orang yang tidak menderita depresi untuk waktu tertentu dan sisanya adalah penelitian silang dengan mengobservasi hubungan depresi dengan berbagai variabel lain.

Seperti dikutip dari Details.com, studi yang melibatkan 150 ribu lebih responden ini menemukan bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi ikan memiliki resiko depresi 17% lebih rendah dibandingkan mereka yang jarang makan ikan.

Meski para peneliti belum bisa memastikan apa yang menjadi penyebabnya, mereka menduga kemampuan ikan menurunkan resiko depresi itu berkaitan dengan asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam tubuh binatang laut itu. Omega-3 diyakini memengaruhi kadar dopamine dan serotonin di tubuh manusia dan juga mampu menurunkan resiko peradangan dan memperlancar aliran darah.

Jadi, meski sibuk dan lelah sertakan ikan dalam menu makan Anda setiap hari agar tidak stres dan depresi, Brava Listeners. [Teks: @moehakam | Foto: HealthyFoodHouse.com]

Sumber:

Brava

SHARE