SUV pertama Jaguar yang mencetak rekor dunia

0
204
Jaguar F-Pace

Jaguar membayar keterlambatannya menciptakan mobil SUV dengan mencetak rekor di Guinness Book of Records.

Ketika merk-merk mobil mewah lainnya sudah menjual jenis SUV, Jaguar masih bertahan dengan sedan berkelas. Tapi akhirnya di Frankfurt Motor Show beberapa hari lalu, produsen otomotif asal Inggris itu mengenalkan segmen SUV pertamanya, Jaguar F-Pace.

Banyak yang menilai keputusan Jaguar ini cukup terlambat mengingat para saingannya sudah sejak lama memiliki produk SUV. Meski demikian, mereka mampu membuat pecinta otomotif menunggu-nunggu kedatangan F-Pace, bahkan menuai decak kagum dengan kemampuan mobil tersebut yang berhasil meraih rekor Guinness Book of Records.

Seperti dikutip dari Autoweek, Jaguar F-Pace mencetak rekor dunia dengan melaju di lintasan loop atau lingkaran vertikal terbesar yang pernah dilalui kendaraan roda empat. Di lingkaran vertikal itu setinggi 19,08 meter itu, stunt driver Terry Grant memacu F-Pace dengan kecepatan 85 kilometer per jam untuk melewatinya.

Aksi pamer rekor itu untuk memperlihatkan kemampuan mesin Jaguar F-Pace yang sebenarnya. Mobil tersebut memiliki dua pilihan mesin diesel ingenium berkapitas 2.000cc 4 silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 178 dk mesin 3.000cc V6.

Namun yang paling bertenaga ialah mesin bensin 3.000cc supercharger yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 375 dk yang juga digunakan oleh Jaguar F Type. Tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi manual 6 percepatan dan automatic 8 percepatan. Khusus untuk mesin V6 sudah menggunakan sistem 4WD.

Jaguar F-Pace ini memiliki basis yang sama dengan XE dan XF dan ditargetkan mampu menyaingi BMW X3 dan Porsche Macan. Walau berbagi arsitektur dengan Jaguar XE dan XF, Jaguar menyebut 81 persen bagian mobil benar-benar baru. Jaguar mengklaim, 80 persen dari badan F-Pace terbuat dari alumunium, dan bobot rangkanya hanya 298 kg saja, atau kurang lebih sama dengan Fiat 500L.

Setelah berhasil memukau di ajang Frankfurt Motor Show, patut ditunggu bagaimana nanti F-Pace beraksi di jalan raya setelah Jaguar secara resmi mendistribusikannya. [Teks: @moehakam | Foto: Jaguar]

Sumber:

Brava

SHARE