Peringati World Sight Day 2015, JEC gelar Bakti Katarak

0
132
Suasana Ruang Operasi Katarak

Program Bakti Katarak adalah bentuk kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang diselenggarakan oleh JEC (Jakarta Eye Center).

CSR berupa kegiatan operasi katarak gratis bagi mereka yang kurang mampu, ini pun merupakan wujud komitmen Rumah Sakit JEC dalam mendukung visi pemerintah yaitu wujudkan 2020 bebas katarak.

World Sight Day tahun ini mengangkat tema ‘Eye Care for All‘ yang merupakan hari kepedulian inernasional terhadap hal-hal terkait masalah kebutaan dan gangguan penglihatan secara global, termasuk penanggulangan buta katarak.

Tahun ini Komite Mata Nasional kembali turut berpartisipasi dalam mengkoordinasi berbagai kegiatan operasi mata gratis, seperti Bakti Katarak yang diselenggarakan JEC pada 10 Oktober 2015.

Kekeruhan pada lensa mata (katarak) merupakan salah satu penyebab kebutaan terbanyak di Indonesia dan di dunia. Penduduk Indonesia memiliki kecenderungan menderita katarak 15 tahun lebih cepat dibandingkan penduduk di daerah subtropis , dan sekitar 16-22 persen penderitanya dioperasi dalam usia di bawah 55 tahun.

Dan diketahui saat ini Indonesia menjadi peringkat kedua penderita katarak terbanyak di dunia. Sungguh menyeramkan.

“Melalui acara ini, kami ingin mengingatkan mengenai menyeramkannya ancaman gangguan kebutaan, yang juga ancaman besar bagi bangsa ini. Banyak yang menganggap enteng masalah katarak, karena tidak menyebabkan kematian, maka itu penyakit ini tidak dianggap sebagai prioritas, makanya indonesia memiliki rapor merah di WHO”, terang Andy F. Noya selaku Ketua Komite Mata Nasional.

“Beberapa tahun lalu Indonesia masih menjadi peringkat 3 dunia penderita katarak terbanyak. Namun belakangan menjadi peringkat kedua setelah Ethiopia, sungguh menyedihkan. Maka itu JEC mengadakan Bakti Katarak, oerasi katarak gratis untuk kalangan tidak mampu dengan teknologi terbaru, pemulihan cepat, tanpa berdarah, tanpa jahitan, 0 persen infeksi,” terang Dokter Setiyo Budi Riyanto, SpM – Ketua Service Bedah Refraktif JEC.

Selain menggelar Bakti Katarak, JEC juga melakukan perluasan layanan kesehatan mata dengan membuka cabang baru di Cibubur guna menjangkau masyarakat lainnya. [teks & foto @uliafr]

SHARE