Hal yang perlu diperhatikan saat pertama kali berolahraga

0
197

Berat badan yang berlebih mulai disadari menganggu beberapa aktivitas harian yang biasa dilakukan. Keinginan pun timbul untuk menguranginya atau bahkan mencapai berat yang ideal. Dan salah satu caranya adalah dengan berolahraga.

Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan bagi Cosmoners yang baru pertama kali akan berolahraga.

Dokter Sofia dari Klinik Lighthouse Indonesia [yang fokus terhadap memiliki tubuh yang ideal] menyarankan, “Untuk yang pertama kali baru melakukan olahraga, jangan pikir yang sulit-sulit. Sederhana saja, seperti jalan cepat dengan intensitas agak panjang sekitar 45 menit hingga 1 jam. Dan dilakukan secara teratur 3 kali seminggu.”

Lalu, bila kegiatan awal jalan cepat itu sudah teratur. Anda bisa tingkatkan intensitasnya. Misalnya menjadi jogging. “Jangan lupa untuk melakukan latihan beban. Diawali dengan beban yang ringan saja, misalkan 1 kg. Lakukan 2 sampai 3 set, dengan masing-masing set, berisi 8-12 repetisi,” tambah Dr Sofia.

Perlu diperhatikan juga, saat olahraga jangan sampai dehidrasi. Karena itu, minimal 1 gelas air untuk setiap 20 menit berolahraga, dan gunakan pakaian ringan dan tidak panas guna menghindari peningkatan suhu tubuh yang berlebihan.

Semoga kegiatan olahraga yang Anda segera lakukan ini dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan mencapai berat idealnya. [teks @bartno | foto healthneedscare.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE