Ferrari F12tdf, lebih agresif!

0
174
Ferrari-F12tdf

Untuk mengenang prestasi yang pernah diraih di ajang Tour de France, Ferrari akan meluncurkan F12tdf.

Jika Anda bertanya-tanya apa hubungannya peluncuran Ferrari F12tdf dengan ajang balap sepeda bergengsi Tour de France, jawabannya: Memang tidak ada. Sebab, ternyata Tour de France bukan hanya untuk balap sepeda tapi juga pernah menjadi ajang balap mobil endurance road race yang dihelat hampir setiap tahun mulai 1899 hingga 1986.

Ferrari pernah mendominasi ajang balap mobil yang lebih dikenal dengan sebutan Tour de France Automobile itu di tahun 1950-an dan 1960-an melalui Ferrari 250 GT Berlinetta yang menjadi juara empat tahun berturut-turut.

Balapan tersebut sangat menguji performa mobil dari berbagai aspek termasuk kemudahan untuk dikendarai agar setiap pebalap mampu bertahan ratusan kilometer selama sehari penuh dalam kecepatan tinggi di jalanan dan sirkuit.

Seperti diungkapkan Ferrari dalam press release-nya, F12tdf merupakan ekspresi dari konsep mobil jalanan ekstrim yang rencananya akan diproduksi terbatas, hanya sebanyak 799 unit.

Ferrari mencurahkan konsentrasinya secara penuh untuk menciptakan inovasi mobil ini secara teknis. Semua aspek DNA Ferrari dilibatkan, mulai dari mesin, aerodinamika, serta dinamika kendaraan untuk menghasilkan akselerasi, daya cengkeram, dan kelincahan F12tdf.

Ferrari F12tdf memiliki sumber tenaga yang sama dengan F12berlinetta yaitu mesin V12 65° berkapasitas 6.262cc. Para teknisi produsen otomotif asal Italia itu mengembangkan mesin tersebut sehingga mampu menghasilkan tenaga 730 daya kuda hingga 770 daya kuda pada 8.500 rpm.

Respons mesin yang sporty juga hadir berkat torsi maksimal yang bisa mencapai 705 Nm pada 6.750 rpm dengan 80 persen torsi sudah tersedia pada 2.500 rpm.

Mobil ini juga memiliki performa aerodinamika terbaik yang menghasilkan angka efisiensi aerodinamis sebesar 1.6. Angka itu hampir dua kali lipat dari F12berlinetta dengan downforce sebesar 230 kg pada 200 km/jam.

Bukan hanya performa mesinnya, desain Ferrari F12tdf hasil harya Ferrari Styling Center juga memiliki kesan agresif. Desain spoiler yang lebih panjang dan lebih tinggi, ventilasi udara yang lebih besar dan difuser bagian belakang yang didesain ulang membuat F12tdf memiliki downforce 30% lebih besar dibandingkan F12 standar.

Rencananya, mobil ini akan diluncurkan di ajang Finali Mondiali yang akan digelar Ferrari di Sirkuit Mugello, Italia pada 8 November mendatang. [Teks: @moehakam | Foto: Autocar]

Sumber:

Brava

SHARE