‘Wanita cantik’ di Pameran Keramik Jakarta

0
238

Wanita cantik itu cuma sebatas dada saja, tubuhnya yang lain tak dibuat si perupa. Wanita itu adalah Madam Wei, seorang kaligrafi yang hidup di era Jin Dynasti. [AD 317-421]

Patung wanita cantik yang terbuat dari keramik itu adalah karya Silayana Setiadarma yang telah menggemari keramik sejak 20 tahun lalu. Ia adalah bagian dari 13 seniman keramik Indonesia yang menggelar pameran bertajuk ‘Identitas‘ di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta.

Kata ‘Identitas’ dipilih sebagai tema, karena merupakan perpaduan antara kata ‘Ide’ sebagai konsep dasar penciptaan dan ‘kualitas + kuantitas’ sebagai pencapaian atas eksistensi yang terus berkelanjutan.

Pameran keramik tersebut akan berlangsung dari tanggal 16 hingga 25 Oktober mendatang. Acara ini wujud dari upaya Unit Pengelola Museum Seni untuk berperan aktif dalam mendukung pelestarian dan perkembangan keramik di Indonesia.

Dyah Damayanti, selaku Kepala Unit Pengelola Museum Seni Rupa mengatakan, “Di pameran ini masyarakat tidak hanya disuguhkan dengan karya para seniman keramik tapi juga bisa ikut belajar membuat keramik lewat workshop bersama 13 seniman.”

13 seniman tersebut adalah, Silayana Setiadarma, F. Widayanto, Antin Sabodo, Ayu Larasati, Bregas Harrimardoyo, Evy Yonathan, Geofrey Tjakra, Haryo Soenggono, Lisa Sumardi, Yetty V Tamsil, Ignasius Tommy, Adhy Putraka, dan Wati Karmojono. « [teks & foto @bartno]

SHARE