5 cara merawat baterai handphone

0
89

Baterai pada handphone merupakan sebuah perangkat penting. Namun, ketika baterai sudah rusak atau bocor, baru deh lo sadar pentingnya baterai.

Umumnya, daya tahan baterai itu jauh lebih baik saat awal membeli handphone, karena faktor baterai masih baru.

Memang, daya tahan baterai itu pasti akan melemah seiring dengan waktu pemakaian, tetapi saat ini banyak terjadi baterai sudah rusak dalam kurun waktu yang cepat. Hal ini dikarenakan perawatan yang buruk terhadap baterai.

Hmmmm… Bagaimana ya supaya baterai handphone bisa awet? Tenang, Trax FM mau kasih lo tips merawat baterai handphone, supaya nggak gampang rusak. Ini dia…

1. Perhatikan lama waktu baterai ketika sedang diisi
Overcharge baterai akan membuat baterai lebih cepat rusak, karena di setiap baterai sudah ada kapasitas yang ditetapkan.

2. Meminimalisir pemakaian Power Bank
Handphone jaman sekarang daya tahan baterainya lebih cepat habis, sehingga penggunaan Power Bank banyak digunakan. Namun, sebenarnya penggunaan power bank nggak boleh terlalu sering. Karena, membuat handphone lebih cepat panas dan akan membuat baterai menjadi cepat rusak.

3. Perhatikan penggunaan handphone saat mengisi daya baterai
Saat melakukan pengisian sebaiknya nggak melakukan aktivitas berat pada handphone, seperti main game, dan browsing.

4. Jangan mencabut-cabut handphone saat baterai diisi
Usahakan pengisian penuh dahulu baru mencabut handphone. Kualitas baterai ditentukan banyaknya melakukan pengisian pada baterai.

5. Penggunaan charger yang original
Charger palsu nggak bekerja sebaik charger original, karena dari segi bahan saja pasti beda. Biasanya, aliran listrik pada charger palsu tentu nggak stabil dan pengisiannya membuat kualitas baterai cepat rusak.

Semoga tips barusan bermanfaat, dan membuat baterai lo jadi lebih awet ya, Anak Trax. Selamat mencoba! [teks Celvin – Anak Trax dari Universitas Bunda Mulia | foto ist]

Sumber:

Trax FM

SHARE