Honda Project 2&4, mobil sport bermesin motor MotoGP

0
120
Honda Project 2&4

Sebentar lagi kita mungkin akan menjadi saksi kemunculan sebuah mobil sport yang digerakkan oleh mesin motor milik Marc Marquez dan Dani Pedrosa di ajang MotoGP.

Mengembangkan sebuah prototype dengan desain dan teknologi terbaru merupakan kebanggaan bagi setiap pabrikan mobil. Contohnya Honda yang saat ini sedang mengembangkan mobil dengan mesin motor MotoGP.

Kendaraan yang sementara ini diberi nama Honda Project 2&4 merupakan sebuah kendaraan roda empat bermesin Honda RC213V. Artinya, kode mesin yang tertera adalah jenis mesin yang sama untuk motorsport tunggangan Marc Marquez dan Dani Pedrosa di musim MotoGP 2015 ini.

Secara resmi Honda memamerkannya perdana di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Frankfurt, Jerman yang berlangsung pada tanggal 15-27 September 2015 lalu. Honda Project 2&4 merupakan kendaraan konsep yang dikembangkan sekaligus juga sebagai pemenang dari Honda Global Design Project.

Kendaraan konsep ini mengedepankan dua hal yaitu kebebasan berkendara layaknya sebuah sepeda motor serta kemampuan bermanuver yang tinggi serta bak sebuah mobil balap sebagai konsep produk desainnya, “Creative Craftmanship”.

Secara fisik, penampilan Honda Project 2&4 ini mirip dengan mobil Formula 1 klasik yang pernah mereka ciptakan yakni RA272. Honda F1 RA272 tercatat pernah memenangi GP Mexico 40 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1965. Terinspirasi dari model tersebut, Project 2&4 mempunyai panjang 3,040 mm, lebar 1,820 mm, tinggi 995 mm dan berat 405 kg saja.

Jantung mekanisnya mengadopsi mesin 999cc V4 dengan transmisi berkopling ganda 6-percepatan yang digunakan oleh sepeda motor balap MotoGP Honda RC213V yang sudah disesuaikan untuk versi produksi massal. Perpindahan giginya dikendalikan menggunakan paddle shift di balik lingkar kemudinya.

Sedangkan si jantung pacu sanggup menghasilkan ledakan tenaga maksimum sebesar 215 hp pada putaran lebih tinggi dari standar mobil-mobil yang ada saat ini, 13.000 rpm, dan dorongan torsi maksimal 118 Nm pada 10.500 rpm. Mesin ini bahkan diklaim sanggup melesat kencang hingga red line di 14.000 rpm.

Project 2&4 merupakan kerjasama antara Honda Motorcycle Design Studio di Asaka dan Honda Automobile Design Studio di Wako. Honda menginginkan adanya sensasi baru dalam berkendara. Hasil dari formulasi tersebut, maka kendaraan tersebut hanya memiliki bobot ultra ringan, setara 115kg lebih ringan dari mobil track-day Ariel Atom.

Konstruksi mobil itu sejatinya pengembangan dari rangka (frame) sepeda motor yang terbuat dari aluminium yang dilengkapi oleh carbonfibre pada bagian floor atau dasar dan bodywork. Joknya terlihat hanya ada satu di sisi kiri, namun sisi kanan yang tertutup panel juga bisa disematkan jok untuk satu penumpang tambahan.

Jika kendaraan ini benar-benar hadir dipasaran global, maka Honda Project 2&4 akan menjadi pesaing baru dari Ariel Atom, yang lebih dahulu mengembangkan kendaraan dengan tipe dan bentuk serupa. Anda pecinta otomotif pasti tak sabar ingin melihat Project 2&4 mengaspal di jalanan. [Sumber: Autocar Indonesia | Foto: TopSpeed.com]

Brava

SHARE