6 film yang mengangkat sisi dramatis dokter

0
317

Anak Trax, tahu nggak ada peringatan apa sih di setiap tanggal 24 Oktober? Yap, tanggal tersebut selalu diperingati sebagai hari Dokter Nasional!

Secara operasional, definisi dokter ini sendiri adalah seorang tenaga kesehatan yang menjadi tempat kontak pertama pasien untuk menyelesaikan semua masalah kesehatan yang dihadapi tanpa memandang jenis penyakit. Intinya, tidak mudah lho untuk menjadi seorang dokter.

Nah, berikut ada 6 film yang mengangkat tentang, dan kisah bagaimana sisi dramatis seorang dokter diangkat. Check this out, Anak Trax!

1. Dr. Dolittle
Tahun rilis
1998
Sutradara Betty Thomas
Pemain Eddie Murphy, Ossie Davis, Oliver Platt, Peter Boyle.
Sinopsis Film ini menceritakan Dr Dolittle yang diperankan oleh Eddie Murphie yang tiba-tiba merasa hal aneh terjadi karena ia bisa bicara dengan banyak hewan. Karena kemampuannya inilah, ia yang awalnya merupakan haters hewan menjadi banyak dimintai tolong oleh para hewan yang mendapatkan kesulitan dan mulai menyelamatkan setiap hewan yang mengalami bahaya.

Dr Dolittle

2. Dr. Koto Shinryojo
Tahun rilis
2003
Sutradara Nakae Isamu, Kobayashi Kazuhiro, Hirai Hideki.
Pemain Yoshioka Hidetaka, Shibasaki Kou as Hoshino Ayaka, Kobayashi Kaoru as Hoshino Seiichi, Tokito Saburo.
Sinopsis Film ini menceritakan tentang Dr. Goto Kensuke yang memutuskan mengabdi sebagai menjadi dokter di pulau terpencil di Jepang. Film ini mengangkat bagaimana seorang dokter dihadapkan pada berbagai kasus medis, namun harus bertindak ekstra keras karena keterbatasan sarana yang ada.

Dr Koto Shinryoujo

3. The Doctor
Tahun rilis
1991
Sutradara Randa Haines
Pemain William Hurt, Christine Lahti, Mandy Patinkin, Elizabeth Perkins.
Sinopsis Film The Doctor ini mengisahkan Dr. Jack Mckee dokter bedah yang sukses, mapan, dan memiliki istri cantik. Sayangnya, Jack kurang perhatian dengan pasien-pasiennya. Sampai akhirnya ia divonis menderita kanker tenggorokan. Selama jadi pasien, Jack belajar untuk lebih memperhatikan pasien setelah dia mendapat kesempatan untuk tetap hidup.

The Doctor

4. L4 Lupus
Tahun rilis
2011
Sutradara Damien Dematra
Pemain Ayu Azhari, Virda Anggraini, Natasha Dematra, Lucky Moniaga, Anna Tarigan.
Sinopsis Di samping kesibukannya sebagai dokter, Atikah selalu menyempatkan diri untuk merawat dan menumpahkan segala perhatian dan kasih sayang untuk adik perempuannya, Mutiara yang tuli, bisu, dan buta. Hingga suatu ketika, penyakit lupus menyerang hidup mereka, dan dokter tersebut harus berjuang menyembuhkannya.

L4 Lupus

5. Patch Adams
Tahun rilis
1998
Sutradara Tom Shadyac
Pemain Robin Williams, Monica Potter, Philip Seymour Hoffman, Bob Gunton.
Sinopsis Film ini mengisahkan tentang Dr. Hunter “Patch” Adams” yang terkenal dengan metode penyembuhannya yang nggak lazim dan melawan pakem tradisional kedokteran.

Ketika berada dalam perawatan di rumah sakit, Hunter mulai menemukan jalan hidupnya. Di sana ia menikmati bisa menolong pasien lain lantaran melihat dokter dan staf bersikap kaku pada para pasien. Ia menolong para pasien dengan humor dan tawa.

Patch Adams

6. Something The Lord Made
Tahun rilis
2004
Sutradara Joseph Sargent
Pemain Mos Def, Alan Rickman, Kyra Sedgwick, Gabrielle Union.
Sinopsis Film ini menceritakan kisah nyata kehidupan dunia kedokteran di John’s Hopskin Hospital. Dr. Alfred Blalock adalah seorang dokter yang memiliki teori jenius dalam memecahkan masalah medis yang dianggap mustahil oleh dunia kedokteran zaman itu.

Seorang tukang kayu ras kulit hitam, Vivien Thomas dipekerjakannya di laboratorium miliknya, kemudian Vivien lama kelamaan bercita-cita ingin menjadi dokter. Sisi dramatis film ini bisa dilihat saat perjuangan Vivien menyelamatkan bayi yang terkena penyakit jantung bawaan dan hanya tersisa 6 bulan bila tidak ada cara untuk mengobatinya.

Something The Lord Made

[teks Ricky – Anak Trax dari Universitas Bunda Mulia | foto ist]

Sumber:

Trax FM

SHARE