Antibiotik bisa menambah berat badan anak

0
100

Seperti dilansir dari HealthDay News, memberikan antibiotik akan membuat berat badan anak kian bertambah, dan berdampak sampai seumur hidupnya.

Peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Publilc Health di Baltimore, menganalisis data terbaru dari 164,000 remaja di Amerika. 21% dari mereka menerima sebanyak 7 atau bahkan lebih obat-obatan yang mengandung antibiotik saat kecil.

Di usia 15 tahun, mereka yang meminum antibiotik sebanyak 7 bahkan lebih, memiliki berat badan 3 pounds lebih berat dibandingkan mereka yang tidak menerima antibiotik sama sekali.

“Data kami menunjukkan bahwa setiap memberikan antibiotik kepada anak, akan mengakibatkan penambahan berat badan semakin cepat seiring pertumbuhan sang anak,” kata Dr. Brian Schwartz, seorang professor di departemen kesehatan lingkungan.

Tapi penelitian ini hanya menunjukkan sebuah asosiasi, bukan mengenai sebab dan efek penggunaan antibiotik terhadap berat badan.

Namun, penelitian sebelum ini menunjukkan, mengonsumsi antibiotik secara terus menerus akan mengubah keseimbangan bakteri di dalam saluran pencernaan. Ini akan merusak nutrisi dalam makanan dan akan meningkatkan kalori jahat yang diserap, dan hal ini yang menyebabkan penambahan berat badan terjadi dengan cepat. [teks Jane Gunawan/safebee | foto safebee]

SHARE