5 cara mengatasi handphone terendam air

0
99

Teknologi handphone jaman sekarang memang sudah dilengkapi dengan sistem yang canggih. Namun, bukan berarti teknologi yang canggih itu membuat ponsel lo tahan kalau terendam dengan air.

Jika gadget memiliki fitur tahan air atau yang sering disebut waterproof, maka air nggak bakal jadi masalah. Tapi, nggak semua gadget memiliki fitur itu. So, udah jadi kewajiban lo jaga ponsel dari genangan air ya.

Meski wajib menjaga, tapi ada kok trip and trick supaya nggak rusak kalau terendam air. Mau tahu?

1. Ambil hadphone lalu di nonaktifkan
Sebab jika air yang masuk terlalu dalam dan ponsel tetap dalam keadaan nyala hal ini akan membuat konsleting sehingga membuat ponsel semakin rusak.

2. Lepaskan baterai
Langkah selanjutnya, lepaskan baterai. Hal ini dapat dilakukan jika baterai merupakan baterai copot, dan bukan merupakan baterai tanam. Biasanya, ponsel yang terendam air di bagian pinggir baterainya akan terdapat air sehingga baterai harus dilepas dan di keringkan dengan menggunakan lap.

3. Lepaskan memori dan SIM card, dan aksesoris lainnya
Selain baterai yang wajib dilepas ketika handphone terendam air adalah, memori dan SIM card. Karena di sini tersimpan data-data penting dan informasi. Lepaskan juga aksesoris seperti casing. Casing memang anti air, tapi proses pengeringan akan lebih cepat jika mesin nggak ada yang menutupi.

4. Keringkan handphone
Lap dengan kain yang menyerap air. Mengeringkan juga bisa menggunakan mesin penyedot debu. Tetapi harus diperhatikan cara mengeringkannya, jangan terlalu dekat.

5. Nyalakan handphone
Jika sudah merasa cukup kering, silahkan lo nyalakan ponsel. Tapi, jika ponsel belum hidup, berarti ada sesuatu yang terendam yang bikin ponsel nggak bisa nyala. Jika sudah begitu, lo harus cepat bawa ponsel ke Service Center.

Tips ini memang nggak bikin handphone 100% nyala, tetapi cara ini merupakan langkah dan tindakan pertama yang harus lo coba untuk mengurangi kerusakan pada ponsel. Semoga bermanfaat ya, Anak Trax! [teks Celvin – Anak Trax dari Universitas Bunda Mulia | foto mybroadband.co.za]

Sumber:

Trax FM

SHARE