Legenda dongeng Pak Raden, tutup usia

0
112
Pak Raden
Pak Raden mendongeng

Drs. Suyadi [82] atau yang akrab disapa Pak Raden, kemarin malam tutup usia karena penyakit yang dideritanya, di RS Pelni, Jakarta.

Kabar duka ini disampaikan asisten Pak Raden, Prasodjo Chusnato lewat akun Facebook Pak Raden.

Inna Lillahi wa inna ilaihi raji’un telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesa Drs Suyadi [Pak Raden], pada hari Jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya, segala salah, khilaf dan kekurangan.

“Semoga yang pergi diberikan tempat yang indah, dimasukan ke dalam barisan orang yang beriman, diterima segala amal ibadahnya, menjadikan segala karyanya cahaya yang menerangkan. Aamin ya robbal alamin,” begitu kabar duka yang disampaikan Prasodjo.

Nama Pak Raden mulai dikenal masyarakat lewat serial Unyil di tahun 1980-an. Tokoh Pak Raden digambarkan sebagai seorang bapak yang tegas dengan kumis tebal yang melintang. Dan serial Unyil ini diciptakan oleh Drs. Suyadi, yang bertujuan untuk mendidik anak-anak lewat cerita boneka.

Ada satu ajakan Pak Raden yang kami ingat pada Agustus tahun lalu, yakni, mengajak orangtua untuk kembali menceritakan dongeng pada anak-anak agar selalu memiliki akhlak terpuji. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya. Amin. [teks @bartno | foto Lemanbens]

SHARE