Hal yang tak boleh dikatakan pada pasangan

0
109

Untuk menjaga hubungan dengan pasangan, ada hal (terutama perkataan) yang tak boleh terlontar dari mulut Anda.

Kuncinya bukan menghindari berkata jujur, atau mengankat topik yang mengganggu, tapi bagaimana cara penyampaiannya agar tidak menyinggung. Berikut deretan hal yang tak boleh Anda katakan pada pasangan:

Ah, kamu sama saja seperti mantanku!
Memang membandingkan pasangan dengan orang yang pernah bersama Anda di masa lalu, kadang menggoda. Namun, membahas mantan ada waktu dan tempatnya. Menurut pakar hubungan Rachel DeAlto dan Sheri Meyers, Psy.D., L.M.F.T pemberi saran untuk para pembaca Cosmopolitan, tidak baik membandingkan kejelekan pasangan dengan mantan.

Dia ganteng, ya?
Biar bagaimanapun, Anda manusia biasa. Namun, tak perlu mengatakan pada pasangan bahwa Anda tertarik dengan barista yang menerima pesanan Anda di Starbucks. “Selama Anda hanya melirik dan tak ada perasaan khusus, tak perlu mengatakannya pada pasangan,” ujar psikoterapis Robi Ludwig, Psy.D.

Kamu selalu (atau kamu tidak pernah)…
Kalimat ini hampir tak pernah berujung positif, justru malah membuat pasangan berada di pihak defensif. Alih-alih berkata, “kamu tak pernah mengenalkan aku dengan keluarga,” coba dengan “gimana kalau kamu di posisi aku, ingin kan dikenalkan ke keluarga?”

Kamu tak mampu membeli itu!
Jika kalian berada dalam keuangan yang terpisah, yang terbaik adalah menjauh dari urusan pasangan. Namun, apabila kalian berada dalam keuangan bersama dan merasa Ia telah melakukan pengeluaran berlebihan, coba bicara dengan bijak. “Yuk, bicara tentang keuangan kita,” misalnya.

Semoga bermanfaat! [teks Mindy Paramita/bustle.com | foto bettertherapy.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE