Pameran tunggal Made Wiguna Valasara bertajuk “Lukisan-Lukisan”

0
164

Belum lama ini, di Maret 2015, pelukis Indonesia Made Wiguna Valasara mengadakan pameran tunggalnya di Art Central Hong Kong. Dan sekarang hasil karya-karyanya, dapat dinikmati masyarakat tanah air, lewat pameran bertajuk “Lukisan-Lukisan“.

Pameran “Lukisan-Lukisan” bisa G-Readers saksikan di Art Space:1, Art:1, Jl. Rajawali Selatan Raya, No.3, Jakarta.

Made Wiguna Valarasa lahir di Sukowati, Bali, 1983. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Seni Rupa [SMSR] Bali pada tahun 1998-2001. Setelah lulus ia melanjutkan studinya di ISI Yogyakarta dan diterima di jurusan seni patung. Namun dikarenakan kecintaan terhadap seni lukis sangat besar, Valasara kemudian pindah jurusan dan diterima di ISI jurusan seni rupa pada tahun 2002.

Untuk pamerannya kali ini merupakan pameran tunggalnya yang ke-5, dan dikuratori oleh Agung Hujatnikajennong.

Menurut Jennong, “Karya-karya pada pameran ini tidak menampilkan lukisan dalam pengertian konvensional. Karya-karya tersebut merupakan prestasi sebuah proyek tentang seni lukis yang ideologis, menggunakan kanvas tetapi tidak sebagai medium yang netral, melainkan material yang bersifat simbolik membawa serta sejarah seni lukis serta dominasinya dalam praktik penciptaan seni selama berabad-abad.”

Lanjutnya, “Pada pameran ini akan ditemukan gambar-gambar yang diambil atau dicuplik dari lukisan-lukisan renesans yang digunakan untuk menunjukan rentang usai sejarah seni rupa [barat] yang sampai dengan saat ini masih diyakini.”

Teknik melukis yang digunakan Valasara memakai perhitungan yang matang dan kecakapan tangan dalam membentuk kontur. Mengisi dan menyumpal kanvas-kanvas dengan material lunak sintetik yaitu dakron, kemudian ia menjahitnya berdasarkan pola-pola tertentu sehingga tercipta kontur atau volume pada kanvas tersebut.

Pameran Valarasa “Lukisan-Lukisan” akan berlangsung hingga 19 November 2015. [teks @bartno | foto ist]

SHARE