Fiat Kenalkan Fullback

0
71

Tren pickup double cabin ternyata belum memudar. Fiat bahkan akan meluncurkan beberapa varian pickup terbarunya tahun depan.

Selain jip, pickup double cabin adalah salah satu segmen otomotif yang cukup digemari, khususnya oleh kaum lelaki. Meski mobil jenis ini juga banyak digunakan di sektor industri, pickup khususnya double cabin mampu menciptakan tren sebagai mobil yang ‘macho’.

Beberapa pabrikan otomotif sempat populer dengan pickup double cabin-nya, seperti Nissan Navaro, Ford Ranger, Chevrolet Silverado dan Toyota Hi-Lux. Tren ini mendorong Fiat untuk kembali bermain di segmen yang sama.

Produsen mobil asal Italia itu pun melakukan debut dunia Fiat Fullback, sebuah pickup yang dibuat menggunakan basis Mitsubishi L200 di Dubai Motor Show 2015. Langkah ini menyusul pengenalan Toro yang dilakukan sebulan silam. Medium-duty pickup ini menawarkan kapasitas angkut maksimal hingga 1.100 kg.

Pickup ini akan tersedia dalam pilihan single cabin, extended cab, double cab, dan beragam konfigurasi sasis tergantung negara tujuannya. Dimensi Fullback mencapai 1.815 x 1.780 mm (panjang kali lebar). Jarak sumbu rodanya 3.000 mm. Panjang kendaraan bervariasi tergantung gaya bodi.

Untuk single cab memiliki panjang 5.155 mm, extended cab 5.275 mm dan double cab 5.285 mm. Desain D-cab ini serupa dengan Mitsubishi L200, begitu pula interiornya. Jadi, tidak terlalu penting untuk membicarakannya.

Di sektor mesin, Fullback mengandalkan beragam mesin dengan tenaga maksimal sesuai negara tujuan. Bagi konsumen di Timur Tengah dan Afrika disediakan mesin 2,5 liter turbodiesel bertenaga 110 PS dan 178 PS. Mesin bensin 2,4 liter bertenaga maksimal 132 PS disediakan bagi penyuka mesin bensin. Kedua mesin itu bertransmisi manual empat percepatan dan lima percepatan otomatis.

Di Eropa dan negara non Eropa, mesin empat silinder 2,4 liter turbodiesel bertenaga 150 PS dan 180 PS dipadankan dengan transmisi manual enam percepatan dan lima percepatan otomatis, lengkap dengan mode sport.

Rencananya, Fiat akan mulai menjual Fullback bulan Mei tahun depan. [Sumber: Autocar Indonesia | Foto: TheTruthAboutCars.com]

Brava

SHARE