Belajar sabar, yuk

0
94

Salah satu hal terbaik yang dimiliki manusia, adalah kesabaran. Cosmoners bisa menaklukan hampir apapun, jika Anda tidak mudah terganggu oleh situasi apapun.

Tetapi dengan teknologi yang kian maju, rasanya tingkat kesabaran pun menipis karena kita dikelilingi semua yang serba instan. Bahkan menunggu beberapa detik si ponsel untuk loading, rasanya bak satu abad!

Nah, yuk coba belajar lebih sabar dengan tips berikut:

Lakukan semua satu persatu 
Cari tau akar masalah kenapa Anda tak mudah sabar. Mungkin banyak hal yang harus dilakukan, membuat Anda mudah kelabakan dan langsung ingin buru-buru menyelesaikan semua. Tulis dan rinci proritas pekerjaan dan kerjakan satu per satu hingga selesai.

Tetap positif dalam kondisi tidak nyaman 
Saat melakukan perubahan kebiasaan, pasti ada kondisi tidak nyaman. Kebiasaan memang sulit dirubah, namun dengan latihan, kebiasaan baru yang lebih baik akan menjadi bagian dari diri. Kontrol emosi dengan tetap berfikir positif.

Inhale, exhale 
Ya, atur nafas. Saat ketengangan meninggi, saat luapan emosi mulai meledak, tarik nafas dan buang perlahan. Menurut Mladen Golubic, ahli fisik di Cleveland Clinic’s Center untuk pengobatan integratif mengatakan, “Jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk mengatur pikiran dan perasaan lewat aturan nafas, bisa meningkatkan kesabaran dan mengontrol situasi lebih baik.”

Lepaskan 
Memang lebih mudah dikatakan, alih-alih dilakukan. Tapi coba lepaskan semua yang membuat Anda terganggu atau menguji kesabaran. Menurut psikolog sekaligus penulis buku Excess Baggage, Judith Sills, Ph.D, “Melepaskan berati menghadapi persoalan emosi, hadapi ketakutan akan apa yang dirasakan, tak apa untuk merasakan tidak nyaman. Semakin cepat Anda bisa mengatasi ini, semakin mudah untuk bisa lebih bersabar dalam hidup.” [teks Mindy Paramita/bustle.com | foto bustle.com]

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE