5 Tanda tubuh kekurangan cairan

0
103

G-Readers, Tentunya, kita tidak bisa hidup tanpa air. Air sangat dibutuhkan untuk tubuh dan otak agar dapat bekerja dengan maksimal. Air juga berfungsi agar darah dapat mengalir dengan lancar dan membantu kita agar tetap berenergi.

“Hampir semua orang dapat mengendalikan rasa dehidrasi, tubuh dapat menyeimbangkan beberapa hal, termasuk mengurangi produksi urin, serta meningkatkan produksi air saat sedang haus, sehingga dapat mengurangi rasa haus,” kata Dana S. Simpler, MD, dokter ahli penyakit dalam yang berpraktek di Baltimore.

Berapa banyak air yang kita butuhkan? Dan bagaimana dengan rekomendasi tentang minum air sebanyak 8 gelas setiap hari?

“Sebenarnya, bagaimana cara diet dan olahraga kamu yang menentukan seberapa banyak kamu membutuhkan air. Ada hari ketika kamu memerlukan air yang banyak, dan hari berikutnya kamu hanya memerlukan sedikit air,” tambah Simpler.

Nah, berikut adalah tanda-tanda tubuh kamu kekurangan cairan :

1. Mulut kering: Mulut kering adalah pertanda seberapa tubuh kamu memerlukan air.

2. Mabuk: Saat minum alkohol hingga mabuk, kamu butuh minum air sebanyak kamu meminum alkohol, atau bahkan perlu minum lebih banyak.

3. Lemas: Jika kamu merasa lemas dan pusing, itu bisa jadi tubuh kamu mengalami dehidrasi.

4. Terasa lelah: Saat merasa benar-benar dehidrasi, hati harus bekerja ekstra untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga membuat tubuh menjadi lelah.

5. Sulit berkonsentrasi: Dehidrasi menyebabkan otak tidak dapat menerima aliran darah dengan baik, sehingga sulit berkonsentrasi. [teks Jane Gunawan/safebee | foto safebee ]

SHARE