Pentingnya cek kesehatan tubuh secara rutin

0
221

Pentingnya kebiasaan mengecek kesehatan tubuh secara rutin akan menurunkan risiko terjadinya penyakit serius tanpa penanganan, kita jadi bisa mengetahui lebih dini bila ada penyakit pada tubuh.

Gaya hidup sehat telah menjangkiti kehidupan masyarakat modern Indonesia, terlebih di kota metropolitan yang terlihat dengan maraknya olahraga massal dan bahkan menjadi kegiatan wajib yang masuk dalam agenda waktu senggang, ditambah dengan berbagai jenis diet melalui makanan.

Meski begitu menjaga kesehatan dengan berolahraga juga memakan makanan sehat masih terbatas pada menjaga kebugaran tubuh semata, tidak diimbangi dengan kesadaran pengecekan kondisi dan organ-organ vital tubuh secara rutin.

Padahal, mengecek kesehatan secara rutin dapat mencegah munculnya gejala dari suatu penyakit tertentu.

Menurut Dokter Roy Panusunan Sibarani, SpPD-KEMD, FES yang merupakan Head of Diabetes Clinic RS Sahid Sahirman Memorial Jakarta, hidup sehat adalah tidak berlebihan.

“Hidup sehat adalah tidak berlebihan, baik itu dalam bekerja, makan, juga olahraga. Lakukan itu semua dalam porsi yang pas saja yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita, untuk itu lakukan check up secara rutin dari sekarang, karena prevention is the best medicine,” terang Dokter Roy saat acara Gathering Your Body Buddy yang digagas Laboratorium Klinik PRODIA, di De Leila, FX, Jakarta [19/11].

Melanie Putria, selebriti yang dikenal sangat memperhatikan kesehatan tubuh ini juga mengatakan bahwa gaya hidup sehat adalah keseimbangan, dan tak lupa untuk cek kesehatan sedini mungkin dan rutin.

Healthy lifestyle is all about balance, selain menjaga kesehatan dengan makan sehat, istirahat berkualitas (tidur cukup 6 jam sehari), olahraga teratur minimal 20 menit 3-4 kali seminggu, dan jangan lupa untuk melakukan cek kesehatan secara rutin. Kebanyakan orang takut untuk medical check up karena takut mengetahui bila ada yang sakit di tubuh kita, justru itu dapat dicegah dengan check up sedini mungkin,” kata Melanie Putria dalam acara tersebut.

Jadi, jangan hanya olahraga, jangan cuma diet, cek juga kesehatan tubuhmu ya, G-Readers! [teks @uliafr | foto Fortunalab.com]

SHARE