Flu atau alergi?

0
93

Menurut Andrew Kim, MD, seorang pakar alergi dan medical director di Allergy & Asthma Center Northern Virgina mengatakan bahwa flu dan alergi memang memiliki gejala yang mirip. Diantaranya, batuk, bersin dan hidung berair.

Namun, ternyata ada beberapa pembeda diantara keduanya. Simak, yuk.

Hidung berair 
Hidung yang terus menerus berair adalah gejala keduanya. Anda bisa melihat perbedaan di bentuk dan teksturnya. Jika bening, kemungkinan adalah alergi. Namun, jika mengental dan berubah warna, bisa jadi ini adalah infeksi pernafasan atau flu.

Mata gatal 
Sulit berhenti mengucek mata, hidung atau bahkan telinga? Ini adalah reaksi dari alergi. Namun, jika mata memerah dan menjadi iritasi bisa jadi penyebab dari virus. Coba atasi dengan antistamin atau decongestant, jika masih berlanjut setelah lebih dari dua minggu, hubungi dokter, ya.

Sakit kepala dan nyeri
Jika terasa sakit di sekitar hidung, tenggorokan, kepala, atau bahkan nyeri seluruh tubuh ini petanda Anda terserang flu. Jarang sekali (hampir tidak pernah) nyeri dan gatal yang datang dari tenggorokan disebabkan oleh alergi.

Seberapa cepat Ia menyerang Anda?
Jika Anda secara tiba-tiba merasa mata gatal dan hidung berair, ini berarti Anda terkena alergi. Gejala flu membutuhkan proses, berbeda dengan alergi yang menyerang secara tiba-tiba.

Berapa lama Anda merasakan tidak nyaman? 
Flu biasanya terjadi selama kurun dua minggu, atau bisa hanya beberapa hari. Sementara alergi, bisa bereaksi selama (dan sesingkat) Anda terpapar pemicu alergi, seperti debu. Selama Anda masih bersentuhan dengan pemicu, maka selama itulah Anda akan merasa tidak nyaman.

Kapankah terjadinya 
Alergi biasa datang saat pergantian musim, sementara flu biasa datang di musim dingin atau penghujan Jika Anda merasa penyakit datang di saat yang sama tiap tahun, mungkin Anda terserang alergi.

Masih merasa tidak yakin dengan beda alergi dan flu pada Anda? Coba hubungi pakar alergi untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda terserang flu atau memiliki alergi. [teks Mindy Paramita/Huffington Post | foto huffingtonpost.com]

Sumber:

Cosmopolitan

 

SHARE